Thursday, October 21, 2021

Industrial Symbiosis

Industrial symbiosis atau simbiosis industri merupakan bagian dari industrial ecology atau ekologi industri yang sudah dibahas sebelumnya, dengan fokus khusus pada pertukaran material dan energi yaitu jaringan organisasi yang mendorong inovasi lingkungan dan perubahan budaya jangka panjang.

Industrial symbiosis merupakan pendekatan dengan menggunakan, memulihkan, dan mengarahkan kembali sumber daya untuk digunakan kembali sehingga menghasilkan sumber daya yang tersisa dalam penggunaan produktif dalam perekonomian lebih lama. Sehingga dapat mengurangi permintaan atas sumber daya bumi, dan menjadi batu loncatan untuk menciptakan ekonomi sirkular.

Kata symbiosis dikaitkan dengan hubungan di alam, di mana dua atau lebih spesies bertukar materi, energi, atau informasi dengan cara yang saling menguntungkan sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan bahan mentah murni dan pembuangan limbah, dengan demikian menutup lingkaran material – fitur fundamental dari ekonomi sirkular dan pendorong pertumbuhan hijau dan solusi eko-inovasi.

Namun, untuk membuat simbiosis industri menjadi kenyataan komersial yang tersebar luas, lebih banyak yang perlu dilakukan untuk mengelola aliran bahan limbah dari berbagai sektor dan industri, dan masih banyak yang harus dipahami tentang:
  • dampak lingkungan dan sosial
  • harmonisasi teknologi, proses, kebijakan
  • keterlibatan masyarakat sipil dalam ekonomi sirkular di tingkat UE
  • informasi sumber daya limbah
  • teknologi pengolahan limbah
  • model bisnis dan koordinasi antar pelaku rantai nilai.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Industrial_symbiosis
https://fissacproject.eu/en/what-is-industrial-symbiosis/

No comments:

Post a Comment

Related Posts