Monday, October 11, 2021

Oei Tiong Ham

Akun Youtube : VIDEO LEGEND

Ada yang menarik dari video akun youtube VIDEO LEGEND milik Ahmad Dhani Prasetyo (ADP). Tepatnya mulai menit ke 13:03. Disebutkan dalam video tersebut oleh ADP bahwa sebuah foto di dinding rumah ADP adalah Oei Tiong Ham.

Oei Tiong Ham adalah seorang konglomerat yang lahir di Semarang, Indonesia (Hindia Belanda), beliau bukan hanya konglomerat di Indonesia namun juga di Asia Tenggara.

Oei Tiong Ham lahir pada tanggal 19 November 1866, melakukan bisnis dengan perusahaannya Oei Tiong Ham Concern (OTHC). OTHC merupakan kelanjutan dari perusahaan perdagangan Kian Gwan yang dibentuk 1863 oleh Oei Tjie Sien, ayahnya.

Pada 1893, Oei mengambil alih usaha Kian Gwan dari ayahnya, dan kemudian berkembang menjadi Handel Maatschappij Kian Gwan. Oei melakukan diversifikasi bisnis perdagangan khususnya kapuk, karet, gambir, tapioka, dan kopi. Kian Gwan berpindah dari perdagangan opium ke industri gula. Kian Gwan mengintegrasikan ladang tebu, pabrik gula, jalur pelayaran, bank, dan perusahaan terkait.

Selama periode 1890-an hingga 1920-an, OTHC tumbuh dan berkembang dengan pesat. Punya cabang di London, Amsterdam, Singapura, Bangkok, dan New York, mendirikan bank dan perusahaan pelayaran dan juga ritel. 

Dari semua konglomerasi Tionghoa di Asia praperang, OTHC adalah yang terbesar, bahkan lebih besar daripada "Lima Besar" perusahaan dagang Belanda yang mendominasi perdagangan internasional di Hindia Belanda. 

Pada 1912, Oei membeli saham Heap Eng Moh Steamship Company Limited. Salah satu karyawannya adalah Lee Hoon Leong, kakek Perdana Menteri Singapura pertama Lee Kuan Yew. Oei juga menjadi pemegang saham pengendali Samarang Stoomvaart Maatschappij (SSM).

Pada 1920, Oei pindah dari Semarang ke Singapura guna menghindari pajak dari Pemerintah Kolonial.

Hingga akhirnya Oei meninggal di Singapura, bahkan ada jalan bernama Oei Tiong Ham sebagai tanda penghargaan, yaitu di taman di dekat Holland Road atau jalan di Bukit Timah.

Oei memiliiki 8 istri sah dan 26 anak (13 putra dan 13 putri) dari perkawinan sah.

Salah satunya adalah Oei Hui-lan (Madame Wellington Koo) yang menikah dengan V.K. Wellington Koo), putri kedua Oei dari istri kedua. Oei Hui-lan lahir pada tanggal 2 Desember 1889 pernah menjadi Ibu Negara Republik Tiongkok dari akhir 1926 hingga 1927. 

Oei Hui-lan, menjadi Mrs Beauchamp Caulfield-Stoker, setelah pada tahun 1909 menikah dengan Beauchamp Forde Gordon Caulfield-Stoker, seorang berdarah Inggris-Irlandia yang menjadi agen konsuler Inggris di Semarang.

Kemudian, Hui-lan yang telah bercerai menerima pinangan politikus dan diplomat Tiongkok lulusan Columbia University bernama V. K. Wellington Koo. 

Wellington Koo dua kali menjabat sebagai Pelaksana Jabatan Perdana Menteri, mula-mula pada 1924, kemudian kembali pada 1 Oktober 1926 sampai 16 Juni 1927. Pada masa jabatan keduanya, Koo juga menjabat sebagai Presiden Republik Tiongkok, yang membuat Hui-lan menjadi Ibu Negara Republik Tiongkok selama periode yang sangat singkat.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Oei_Tiong_Ham

https://id.wikipedia.org/wiki/Oei_Hui-lan

No comments:

Post a Comment

Related Posts