Friday, April 8, 2022

Hash Chain dalam Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi yang digunakan dalam transaksi Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya.

Blockchain mampu berjalan sendiri menggunakan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya. Teknologi blockchain ini dapat digunakan dalam bidang keuangan atau finansial, serta dalam bidang medis, pertanian, properti, telekomunikasi hingga media.

Blockchain dimulai ketika sebuah blok menyimpan data baru, sistemnya terdiri dari 2 buah jenis record dimana setiap blok akan berisi hash kriptografi sehingga membentuk jaringan.

Metode Hash menjadikan kode dalam blockchain sebagai kode unik. Dengan kode unik ini maka akan menjadi sulit sebuah data dibobol atau diketahui oleh orang lain, seperti peran dari sidik jari elektronik (digital fingerprint).

Sehingga selain menjadikan data aman dan juga menjaga orisinalitas data dari orang lain. Sistem Blockchain dengan menggunakan kode unik ini disebut dengan Hash.

Dengan metode hash ini, konon pada sebuah penelitian mengatakan bahwa, butuh waktu 3,67 miliar tahun untuk bisa memecahkan sebuah kode unik dengan 10 karakter tanpa simbol. Asumsinya dengan waktu proses selama 10,45 jam setiap harinya menggunakan aplikasi tebak 1000 tebakan/detik.

Kode unik ini tak ubahnya sebagai password atau pin dalam blockchain yang mempunyai nilai karakter yang lebih panjang dan menggunakan kode unik. Oleh karenanya proses peretesan dengan aplikasi tebak akan memakan waktu yang sangat lama dan bahkan akan menjadi hil yang mustahal, eh hal yang mustahil. 

Dengan Hash juga maka setiap data akan mengalami perubahan dengan nilai unik sendiri. Setiap data dokumen dengan panjang berapa pun akan menghasilkan nilai hash yang punya nilai panjang berbeda pula.

Untuk lebih memahami penjelasan sederhana mengenai metode hash, mari kita simak video youtube yang berjudul "What is blockchain? Blockchain Technology Explanation for beginers - Friends with Blockchain" berikut ini:


Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220217153629-72-316221/mengenal-apa-itu-blockchain-teknologi-yang-mengubah-dunia

https://steemit.com/indonesia/@iqbalsweden/hash-dan-perannya-pada-sistem-keamanan-blockchain

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Hash_chain

No comments:

Post a Comment

Related Posts