Thursday, April 14, 2022

Perjalanan ke Blora lewat Jalan Tol

Rabu malam, tanggal 14 April 2022, sekitar pukul 21.00 mendapatkan kabar bahwa saudara ada yang meninggal dunia. Diperkirakan akan dimakamkan keesokan hari, yaitu hari Kamis, tanggal 15 April 2022, pada pukul 11.00 siang.

Beliau meninggal diperkirakan akibat hipertensi.

Dikutip dari detik.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama kematian dini di dunia. Menurut WHO, ada sekitar 1,13 miliar orang di dunia yang mengidap hipertensi. 

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada jantung. Selain itu, penyakit ini juga bisa meningkatkan risiko stroke dan gagal ginjal.

Beberapa penyebab hipertensi adalah sebagai berikut.

Faktor genetik atau keturunan, ada mutasi gen atau kelainan genetik yang diwarisi orangtua sehingga membuat Anda, secara genetik, mengalami hipertensi.

Perubahan fisik, fisik yang semakin menua juga bisa menjadi penyebab hipertensi, yaitu saat kita mengalami perubahan fungsi ginjal karena penuaan, maka keseimbangan garam dan cairan alami tubuh akan terganggu. Alhasil, tekanan darah tubuh ikut meningkat.

Pola hidup tidak sehat, misal kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi makanan asin, terlalu banyak konsumsi makanan manis, serta kurangnya aktivitas fisik. Hal-hal tersebut yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas) sehingga bisa meningkatkan faktor risiko hipertensi.

Adanya kondisi medis tertentu, misal penyakit ginjal, cacat jantung bawaan, masalah tiroid, efek samping konsumsi obat, penggunaan obat-obatan terlarang, penyalahgunaan alkohol, masalah kelenjar adrenal, tumor endokrin tertentu.

Hari Kamis siang aku berkendara ke Blora, pada pukul 11.30 melewati Tol Trans Jawa, sehingga harus menempuh jarak 260 km dalam waktu 4 jam. Karena di Lamongan tepatnya di Balun terdapat sebuah jembatan yang ambles.

Pukul 15.30 kita sudah sampai di Mlangsen, Blora.

Pukul 16.30, selesai mengucapkan belasungkawa, kita pamit agar saudara yang ditinggalkan bisa istirahat dan semoga diberi ketabahan dan keikhlasan.

Karena sudah terlanjur sore dan sebentar lagi sudah malam serta menjelang Maghrib, akhirnya kita putuskan untuk menginap semalam di kota Blora. Aku cari di aplikasi tiket.com, dan aku menemukan 1 tempat yang lumayan. Yaitu di RedDoorz near Stadion Kridosono Blora.


RedDoorz near Stadion Kridosono Blora atau Ahdaya Guest House menjadi pilihan akomodasi ideal dengan dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan, seperti; kamar non-smoking, WiFi, LED-TV, resepsionis 24 jam, air mineral kemasan, perlengkapan mandi, area parkir, dan AC. 

Lokasinya berada dekat dengan Kridosono Stadium yaitu hanya berjarak 400 m, yaitu tepatnya di Jl. Bayangkara Utara No.12, Nglawian Satu, Karangjati, Blora. Juga tidak jauh dari Alun-Alun Blora yang dapat ditempuh sekitar 2 km.

Terakhir kita sekeluarga pernah Jalan-jalan ke Blora pada tahun 2012. Lalu 4 tahun kemudian yaitu pada tahun 2016 kita sekeluarga juga pernah melakukan kembali Perjalanan ke kota Cepu dan Blora, meskipun tidak sampai di tengah kota.

Malam harinya, kita mencoba kuliner khas Blora, yaitu Sate Ayam pak Daman dan Soto Klethuk serta nasi Gandul di Soto Klethuk Pak Galo.


Bersambung...


Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5606109/waspada-ini-cara-hipertensi-bisa-sebabkan-kematian-menurut-who.

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/artikel-kesehatan/penyebab-hipertensi

No comments:

Post a Comment

Related Posts