Sunday, April 9, 2023

Menggagalkan Climate Change

Climate change atau perubahan iklim sedang terjadi di sekitar kita. Suhu permukaan global telah meningkat sebesar 1,09°C sejak masa pra-industri – lebih cepat dari titik mana pun setidaknya dalam 2000 tahun terakhir.

Fingerprints dari perubahan iklim yang cepat ini dapat ditemukan di atmosfer, samudra, kriosfer, dan biosfer, mulai dari gletser yang menyusut hingga naiknya permukaan laut. Pembakaran bahan bakar fosil, perubahan tata guna lahan dan kehutanan, serta proses industri telah menyebabkan tingkat gas rumah kaca di atmosfer meningkat drastis. Tingkat karbon dioksida (CO2) telah meningkat sebesar 47,3% dan mencapai rata-rata tahunan 410 bagian per juta. Metana (CH4) berada di 1.866 bagian per miliar, naik 157,8%.

Dari aktivitas tersebut, ketergantungan pada bahan bakar fosil adalah akar penyebab perubahan iklim: pada tahun 2019, batu bara, minyak, dan gas menyumbang 80% dari semua emisi CO2 yang terkait dengan manusia.

Jika kenaikan suhu melewati 1,5°C, seluruh ekosistem di wilayah kutub, pesisir dan pegunungan akan hilang selamanya. Bahkan pada pemanasan 1,5°C, dari 3% hingga 14% dari semua spesies darat akan menghadapi risiko kepunahan yang sangat tinggi, dan pemanasan lebih lanjut akan membuat ancaman terhadap keanekaragaman hayati ini semakin buruk.

Sedikit saja pemanasan tambahan akan mengancam produksi pangan dan ketahanan pangan, karena gelombang panas yang lebih parah dan sering, kekeringan dan banjir, seiring dengan kenaikan permukaan laut.

Cuaca yang lebih ekstrim dan gelombang panas, serta penyakit menular yang meningkat akibat pemanasan, akan menyebabkan kesehatan yang lebih buruk dan kematian dini.

Estimasi terbaik berdasarkan data historis dan model iklim menunjukkan bahwa dunia akan mencapai batas 1,5°C pada tahun 2030-2035, tetapi itu bukanlah akhir dari cerita.

Jika kita ingin memiliki setidaknya peluang 50-50 untuk tetap berada dalam batas itu, dunia hanya mampu mengeluarkan sekitar 460 miliar ton CO2 lebih banyak; setara dengan 11,5 tahun emisi tahunan pada tahun 2020.

Ini berarti kita tidak dapat menghindari beberapa dampak perubahan iklim, tetapi kita harus tetap bekerja sekeras mungkin untuk meminimalkannya.


Sumber :

https://climatescience2030.com/?twclid=2-1imdnodid2pdprn9g9n4mt2lq

No comments:

Post a Comment

Related Posts