Wednesday, April 5, 2023

Nusantara

Nusantara ialah sebuah istilah yang berasal dari perkataan dalam bahasa Kawi (sebuah bentuk bahasa Jawa Kuno yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Sanskerta), yaitu ꦤꦸꦱ (nusa) dan ꦲꦤ꧀ꦠꦫ (antara). 

Istilah "Nusantara" tercatat pertama kali dalam kitab Negarakertagama untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Majapahit; yang kawasannya mencakup sebagian besar Asia Tenggara, terutama pada wilayah kepulauan. 

Nusantara secara resmi menjadi Ibu Kota Negara merupakan ibu kota masa depan Indonesia, yang akan diresmikan pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan Kemerdekaan Indonesia. Nusantara akan menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara, posisi yang dipegangnya sejak kemerdekaan pada tahun 1945.

Nusantara terletak di pantai timur pulau Kalimantan yang saat ini menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Timur, kota ini diperkirakan akan mencakup area seluas 2.560 km2 (990 sq mi), menampilkan lanskap berbukit, hutan, dan teluk.

Ibu Kota Negara (IKN) akan terdiri dari lebih dari 75% kawasan hijau di Kawasan Pemerintahan IKN · 100% penduduk dapat mengakses ruang terbuka hijau rekreasi. Sehingga menjadikan Ibu Kota Negara sebagai 'syaraf' bagi wilayah pemerintah pusat dan pusat inovasi hijau.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Nusantara

https://en.wikipedia.org/wiki/Nusantara_(planned_city)

https://ikn.go.id/

No comments:

Post a Comment

Related Posts