Saturday, April 1, 2023

Ganti Oli Transmisi dan Oli Gardan

Mumpung libur, hari Sabtu ini aku sambangi bengkel untuk ganti oli. Selain oli mesin, ada oli lain yang mesti rutin diganti, yaitu Oli Transmisi dan Oli Gardan. Oli transmisi dan oli gardan sendiri mempunyai fungsi yang hampir sama yaitu untuk melindungi beberapa komponen gardan seperti gear, drive pinion, dan lain sebagainya. 

Oli transmisi merupakan minyak pelumas yang bekerja untuk melumasi bagian gear dan juga beberapa komponen lain agar terhindar dari keausan. Oli transmisi bekerja dengan mengubah perbandingan dari kecepatan mesin atau gear ratio. Pada sistem gear mobil sendiri banyak sekali komponen yang saling bergesekan, maka dari itu oli transmisi akan melumasi bagian komponen tersebut agar performa mobil tetap stabil.

Sedangkan oli gardan adalah cairan untuk melumasi komponen gardan sehingga bisa tetap awet, licin, dan tidak mudah rusak. Gardan sendiri merupakan salah satu komponen pada sistem penggerak kendaraan. Fungsi utamanya adalah untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Dengan begitu, mobil bisa melaju ke depan, belakang, atau berbelok sesuai keinginan pengemudi. 

Karena fungsinya yang cukup penting maka jangan lupa untuk waktu penggantian oli transmisi dan juga oli gardan. Karena jika tidak dilakukan penggantian dalam jangka waktu yang lama dikhawatirkan oli akan habis dan komponen mobil tidak bekerja dengan baik.

Penggantian oli transmisi dan juga oli gardan memiliki interval waktu yang sama yaitu ketika sudah mencapai jarak 40.000 km dan juga kelipatannya.

Jika oli transmisi tidak segera diganti mobil akan memunculkan tanda-tanda misal 

  • Gigi Mobil Terasa Berat
  • Suara Dengung dari Transmisi Mobil
  • Warna Oli Berubah

Sedangkan jika oli gardan tidak diganti maka akan muncul tanda-tanda dari mesin seperti 

  • Terasa getaran di bagian bodi mobil
  •  Ada aroma terbakar dari gardan mobil
  • Suara mendengung dari mobil
  • Roda mobil sulit dikendalikan
  • Warna oli gardan sudah berubah


Sumber :

https://www.auksi.co.id/detail-artikel/jangan-anggap-remeh-ini-ciri-ciri-oli-gardan-mobil-harus-diganti

https://www.hyundai.com/id/en/hyundai-story/articles/apa-perbedaan-oli-transmisi-dan-oli-gardan-0000000237

No comments:

Post a Comment

Related Posts