Saturday, April 1, 2023

Evaporator AC Mobil Berlendir

Bulan April 2022 lalu aku cari bengkel baru untuk mencuci AC mobil, karena pada bulan November 2021 saat mobil dapat Problem AC Tidak Dingin lalu aku ke bengkel U. Padahal 5 bulan sebelumnya yaitu pada bulan Juni 2021 sudah Cuci AC Mobil di bengkel R.

Ternyata setelah 5 bulan dari bengkel U juga hasilnya kurang dingin.

Dan bengkel baru yang aku tuju adalah bengkel P, selalu cuci AC juga beberapa ada yang diganti misalnya Receiver Dryer AC Mobil.

Dan hari Sabtu ini, aku berangkat ke bengkel P. Saat tiba pukul 08.00 bengkel ternyata masih tutup. Setelah hampir 30 menit menunggu bengkel juga belum buka. Akhirnya aku beranjak pergi untuk mencari bengkel AC yang lain.

Lalu aku dapat bengkel S yang baru buka. Jadi begitu datang langsung mobil dibuka dan dibongkar untuk dicuci komponen AC pada mobil. Yang paling kotor adalah bagian evaporator. Beruntung hanya kotor tidak sampai bocor, seperti kejadian Oktober 2016 yang mengharuskan aku mengganti Evaporator.

Evaporator AC mobil saking kotornya sampai berlendir, penyebabnya adalah karena evaporator lama tidak dicuci sehingga lama kelamaan debu yang menempel dan suhu evaporator yang lembab. Udara di kabin yang kotor akan diisap oleh blower. Debu yang menempel akan semakin banyak sehingga menutupi kisi-kisi dari evaporator. Evaporator yang berlendir sudah jelas akan mengganggu sistem AC mobil secara keseluruhan.

Bukan hanya membuat ruang di dalam kabin tidak dingin, namun juga bisa membuat evaporator rusak bahkan bolong karena korosi atau karat. Oleh karena untuk mencegah evaporator berlendir perlu dilakukan tindakan preventif dengan membersihkan komponen tersebut.

Evaporator idealnya dibersihkan setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali.

Dan setelah 2 jam proses cuci AC akhirnya selesai juga. Kondisi dalam kabin mobil yang tadinya maknyus, sekarang sudah jadi maknyes.


Sumber :

https://www.gridoto.com/amp/read/223491847/evaporator-ac-mobil-berlendir-pahami-penyebabnya-biar-enggak-keliru?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts