Saturday, September 16, 2023

A Haunting in Venice

Detektif Hercule Poirot hidup dalam masa pensiun di Venesia pascaperang dan setelah sukses mengungkapkan misteri Murder on the Orient Express (2017) dan Death on The Nile (2022), Poirot mempekerjakan mantan petugas polisi Vitale Portfoglio sebagai pengawal. 

Pada Halloween, novelis Ariadne Oliver berhasil menembus Portfoglio, sang pengawal, lalu meyakinkan Poirot untuk menghadiri pemanggilan arwah di Palazzo tempat penyanyi opera Rowena Drake dan untuk membuka kedok media Joyce Reynolds, sang dukun sebagai seorang penipu. 

Drake mempekerjakan Reynolds untuk membantunya berkomunikasi dengan putrinya Alicia, yang bunuh diri setelah tunangannya, koki Amerika Maxime Gerard, memutuskan pertunangan mereka. Di antara mereka yang hadir selain Maxime adalah pengurus rumah tangga Rowena Olga Seminoff, dokter keluarga Drake Leslie Ferrier dan putranya Leopold, serta asisten Ny. Reynolds, Desdemona Holland.

Selama pemanggilan arwah, Poirot membuka kedok Ny. Reynolds yang ternyata tidak hanya memiliki satu asisten tetapi dua, sekaligus saudara laki-laki Desdemona, yaitu Nicholas, yang ditemukan Poirot sedang bersembunyi di cerobong asap. 

Tiba-tiba, Ny. Reynolds mulai berbicara dengan suara Alicia dan mengungkapkan bahwa gadis itu tidak bunuh diri tetapi dilempar dari balok sehingga tewas. Nyonya Reynolds pun mengakhiri pemanggilan arwah. Lalu tiba-tiba saat tengah malam Reynolds ditemukan tewas, tertusuk pada patung di halaman.

Saat badai melanda Palazzo, Poirot mulai mewawancarai para tamu. Namun entah bagaimana Poirot berhalusinasi melihat hantu Alicia. Sehingga penyelidikan pun membuahkan hasil yang membingungkan. 

Nicholas dan Desdemona adalah pengungsi Roma, Dr. Ferrier trauma dengan pengalamannya saat pembebasan Bergen-Belsen, dan Leopold mendengar suara anak-anak yang dibiarkan mati karena wabah ketika Palazzo masih menjadi panti asuhan.

Setelah terjadi perkelahian di antara para tamu, Dr. Ferrier dikunci di ruang musik, dengan Poirot mengambil satu-satunya kunci. Poirot kemudian menghadapkan Oliver dan Vitale, menuduh mereka sebagai kaki tangan dalam pemanggilan arwah. 

Vitale, setelah menyelidiki kematian Alicia, memberikan informasi kepada Ny. Reynolds sementara Oliver berharap membuktikan Poirot tidak mampu menjelaskan pemanggilan arwah dan menggunakan ini sebagai plot untuk buku berikutnya. 

Tiba-tiba hal mengejutkan kembali terjadi, Dr Ferrier ditemukan tewas ditikam di ruang musik.

Poirot pun mengumpulkan semua peserta di lorong Palazzo, Poirot mengungkapkan bahwa Alicia sebenarnya diracuni dengan obat halusinogen (Rhododendron ponticum) yang juga digunakan padanya sehingga Poirot mengalami halusinasi. Obat ini disembunyikan di dalam madu yang dipanen oleh Rowena dan disajikan dengan teh. 

Terobsesi untuk menjaga putrinya sendirian, Rowena secara teratur memberi Alicia madu beracun untuk melemahkannya dan menghentikannya berdamai dengan mantan tunangannya. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan halusinasi yang luar biasa pada gadis itu.

Suatu hari, Olga tanpa sengaja memberi madu dalam tehnya dalam dosis yang berlebihan, sehingga tanpa sadar meracuni Alicia. Sehingga Alicia tewas. Setelah menemukan putrinya tewas di tempat tidur, Rowena melemparkannya dari balkon sehingga seolah-olah terjadi bunuh diri. 

Rowena mencurigai Reynolds dan Ferrier yang memerasnya atas keracunan tersebut dan percaya salah satu dari mereka mengatur pemanggilan arwah untuk mengungkapnya, Rowena membunuh Reynolds dan akhirnya menggunakan saluran telepon internal untuk meyakinkan Ferrier agar menikam dirinya sendiri, sebagai imbalan agar dia tidak membunuh putranya Leopold. . 

Poirot menyimpulkan bahwa Rowena berharap untuk menjelaskan semua pembunuhan sebagai akibat kutukan anak-anak di Palazzo yang tidak dapat dijelaskan secara rasional. 

Tiba-tiba Rowena melarikan diri ke atap, di mana Poirot sekali lagi berhalusinasi melihat hantu Alicia, melayang di belakang ibunya dan terbang ke arahnya, sebelum dia jatuh hingga tewas di kanal dan tampaknya ditarik oleh roh putrinya.

Saat fajar, Poirot menemui Oliver dan memutuskan untuk tidak membuka kedok keterlibatan Vitale dalam pemanggilan arwah. Olga mengadopsi Leopold yang sekarang yatim piatu. 

Poirot berkata kepada Leopold agar tidak menyalahkan dirinya sendiri, karena Porit tahu bahwa dia lah sebenarnya menjadi pemeras setelah memahami tanda-tanda keracunan yang terlewatkan ayahnya dalam catatan medis kematian Alicia dan melihat kaitannya dengan peran utama Rowena yang pertama sebagai Aspasia dalam "Mitridate, re di Ponto", bernama diambil dari nama tokoh utamanya Mithridates, yang dikenal sebagai 'raja racun'. Dia memanfaatkan penemuan ini untuk mendukung ayahnya yang hancur dengan uang yang diperas oleh Rowena. 

Dan diakhir semuanya itu, yang menjadi kebahagiaan adalah bahwa keyakinannya Porot sudah pulih, Poirot pun bersemangat dan mulai menerima kasus sekali lagi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts