Friday, September 15, 2023

Antecedents, Behaviour dan Consequences

Masalah pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak besar bagi keluarga dan masyarakat. Berbagai dampak dialami oleh mereka antara lain masalah ekonomi, pendidikan, sosial, dan psikologis. Durasi yang panjang dan kendala selama pandemi membuat keluarga semakin rentan. 

Untuk memberikan penguatan pada aspek psikologis keluarga. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan keluarga dalam menghadapi pandemi Covid 19, ada salah satu metode yang disebut dengan pendekatan model ABC (Adversity Belief Consequence) melalui edukasi dan konseling.

Adversity (A) / Kesulitan (A): Peristiwa eksternal atau pemicu stres yang memicu respons.

Belief (B) / Keyakinan (B): Bagaimana individu menafsirkan atau menjelaskan suatu peristiwa, bisa rasional atau irasional.

Consequence (C) / Konsekuensi (C): Respon emosional dan perilaku yang mengikuti keyakinan tentang peristiwa tersebut.


Singkatan ABC lainnya adalah Activating Belief Consequenses, yang mempunyai arti sbb: 

A adalah Activating events, yang menyebabkan terjadinya masalah, yaitu kejadian eksternal diluar diri yang benar telah terjadi, kejadian masa depan yang diantisipasi akan terjadi, dan kejadian internal yang terjadi pada diri dari hasil buah pikiran berupa gambaran, ingatan atau impian impian.

B adalah Belief system, yaitu keyakinan yang membentuk pikiran pribadi, menciptakan aturan pribadi  yang diterapkan,  tuntutan pribadi, yang kemudian diterapkan.

C adalah Consequenses (Konsekuensi konsekuensi), adalah hasil dari B yang merupakan produk dari hasil proses A dan B, yang tercipta bisa saja adalah emosi yang bersifat positif; event yang menyenangkan, sensasi tubuh fisik yang sehat, kuat. Dan sebaliknya.

Singkatan ABC yang lain adalah Antecedents, Behaviour dan Consequences, yaitu:

Antecedents dapat dideskrisikan sebagai orang, tempat, sesuatu, atau kejadian yang datang sebelum perilaku terbentuk yang dapat mendorong kita untuk melakukan sesuatu atau berkelakuan tertentu.  

Behaviour (perilaku) merupakan segala apa yang kita lihat pada saat kita mengamati seseorang melakukan aktivitas/pekerjaan (Ayers dalam Issaac, 2000). 

Consequences adalah kejadian-kejadian yang mengikuti perilaku dan mengubah adanya kemungkinan perilaku akan terjadi kembali di masa datang. 


Sumber :

https://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega/article/view/1079

https://www.kompasiana.com/henrikusyorath/55090ffea33311ee452e3b55/teknik-abc-mengatasi-masalah-kecemasan-diri

https://surabaya.proxsisgroup.com/model-antecedents-behavior-dan-consequences-abc-untuk-perubahan-perilaku/

https://fourweekmba.com/abc-model

No comments:

Post a Comment

Related Posts