Tuesday, September 5, 2023

Cognitive Behavioral Therapy

Cognitive Behavioral Therapy (CBT) adalah psikoterapi yang mengintegrasikan dua pendekatan yakni terapi kognitif dan terapi perilaku atau behavior. CBT adalah bentuk perawatan psikologis yang paling banyak digunakan para praktisi serta diteliti oleh berbagai pihak.

Pemikiran seseorang akan berhubungan dengan apa yang dirasakan dan dilakukan. Pada CBT, pasien akan diminta untuk mengidentifikasi distorsi dalam proses pemikirannya, yang berhubungan dengan gangguan yang dialami. Distorsi yang terjadi pada situasi-situasi tertentu tersebut akan dicoba untuk diubah sehingga masalah dapat dihindari. 

Konsep dari CBT adalah menyadari bahwa pikiran, sensasi fisik, perasaan, dan tindakan merupakan satu kesatuan dan saling memengaruhi antara satu dengan lainnya. Pikiran dan perasaan yang negatif bisa membuat kamu terus terjebak dalam permasalahan yang sama dan terasa semakin menekan. 

Jika sudah mampu menyadari, menerima, menyederhanakan, dan memahami masalah secara menyeluruh, tahap selanjutnya adalah menghilangkan cara lama yang destruktif dalam merespons masalah tersebut.


Sumber :

https://kampuspsikologi.com/cognitive-behavioral-therapy/

https://www.alomedika.com/tindakan-medis/psikiatri/cognitive-behavioral-therapy/teknik

https://www.halodoc.com/artikel/cbt-bisa-mengobati-gangguan-kecemasan-umum-ini-cara-kerjanya

https://www.alodokter.com/terapi-kognitif-perilaku-untuk-menangani-berbagai-masalah

No comments:

Post a Comment

Related Posts