Sunday, September 24, 2023

Candu itu Bukan Hanya Narkoba

Paparan media sosial dari gadget sudah bukan sekedar ombak, namun sudah menjadi tsunami. Banyak yang menghabiskan waktu 4 hingga 5 jam sehari bahkan dari malam hari hingga dini hari. Hal tersebut membuat kita merasa pusing dan mual setelah bergadang.

Lalu terkadang kita menarik diri dari media sosial namun setelah beberapa hari kita akan kembali lagi. Itu lah definisi candu sebenarnya, "narkoba yang kedoknya hiburan". 

Arti kata candu menurut KBBI

candu [can·du] Kata Nomina (kata benda)

1) getah kering pahit berwarna cokelat kekuning-kuningan yang diambil dari buah Papaver somniferum, dapat mengurangi rasa nyeri dan merangsang rasa kantuk serta menimbulkan rasa ketagihan bagi yang sering meng

2) cairan kental berwarna hitam yang keluar dari rokok yang diisap yang melekat pada pipa;

3) sesuatu yang menjadi kegemaran;

Bagi yang terpapar candu media sosial akan enggan menghapus media sosialnya karena takut ketinggalan info dan tren atau yang dikenal dengan FOMO (fear of missing out).


Rasa takut yang timbul ketika kita merasa terlewatkan atau tidak terlibat dalam aktivitas atau pengalaman yang sedang terjadi di sekitar kita. Sisi buruknya banyak yang menganggap bahwa FOMO dapat mendorong individu untuk mencari validasi dari orang lain, yang dapat mengarah pada ketergantungan pada pengakuan sosial dan mengabaikan kebutuhan dan kepuasan pribadi. selain itu, FOMO juga seringkali berhubungan dengan kecemasan, ketidakpuasan, dan perasaan kurangnya yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional individu.

Hal ini memiliki dampak buruk media sosial pada kesehatan mental seseorang. Dan ada kaitan tak terbantahkan antara lonjakan penggunaan ponsel pintar dan medsos dengan menurunnya kesehatan mental remaja secara global.

Penggunaan medsos yang berlebihan juga dapat memengaruhi konsekuensi kognitif dan emosional jangka panjang. Orang tua perlu menetapkan batasan-batasannya sendiri serta membuat keputusan aktif dalam menyaring jenis konten.


Sumber :

https://www.channelnewsasia.com/indonesia/medsos-candu-remaja-dampak-kesehatan-jiwa-3766386

https://jagokata.com/arti-kata/candu.html

https://www.kompasiana.com/rahayu77850/646df5ca4addee21d92d06c2/from-fomo-to-jomo-mencari-keseimbangan-dalam-era-keterhubungan-yang-konstan

No comments:

Post a Comment

Related Posts