Saturday, September 30, 2023

Kampus ITB

Kampus ITB mempunyai sejarah panjang. Dimulai saat pemerintah kolonial Belanda mendirikan de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) pada 3 Juli 1920 di lahan seluas 30 hektar di Bandung. Saat Dies ke-6 tanggal 3 Juli 1926, terdapat 22 orang kandidat insinyur yang lulus berjumlah 19 orang dengan 4 orang di antaranya adalah asli Indonesia. Satu dari keempat orang itu adalah Ir. R Soekarno yang kelak menjadi proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia.

Tahun 1944-1945, TH berubah nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku (BKD) dan menjadi Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung setelah Indonesia merdeka. 

Pada 21 Juni 1946, terjadi perubahan nama menjadi Universiteit van Indonesie di bawah kendali NICA dengan Faculteit van Technische Wetenschap dan Faculteit van Exacte Wetenschap berdiri kemudian. 

Tahun 1950-1959 menjadi bagian dari Universitas Indonesia untuk Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam.

Pada tanggal 2 Maret 1959 Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung. 

Di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) terdapat Jurusan Astronomi yang merupakan salah satu jurusan yang langka dan kurang familiar di Indonesia. bahkan hanya ada di satu kampus saja, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Ilmu astronomi mempelajari tentang fenomena berbagai benda langit dan mempelajari berbagai benda angkasa beserta berbagai peristiwa yang terjadi di luar angkasa. Sehingga kajian keilmuan astronomi berhubungan dengan 3 bidang keilmuan yakni kimia, biologi, dan fisika.

Setelah seharian beraktivitas di kampus ITB, sore harinya kita kembali beristirahat. Namun tidak kembali ke Shakti Capsule Cihampelas Bandung seperti semalam, namun hari ini menginap ke hotel Promenade Cihampelas Bandung seperti saat ke Bandung bulan Desember 2018 lalu.

Hotel Promenade Cihampelas terletak di sebelah persis dari Hotel Kapsul Cihampelas, yaitu tepatnya beralamatkan di Jl. Cihampelas No.119-121, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Bandung, Indonesia, 40131.

Lokasinya cukup strategis karena dekat sekali dengan ciwalk atau Teras Cihampelas yang ramai untuk belanja jeans dan kaos murah di sepanjang jalan. Dan disana juga terdapat wisata mall Cihampelas Walk.

Hotel Promenade Bandung sudah berdiri sejak Maret 2013 cukup mudah dicari karena mencolok dengan sign raksasa berwarna merah menyala yang berada di sisi kanan jalan jalur one way Cihampelas.

Hotel ini terdapat 91 kamar dengan masing-masing di dalam kamar terdapat foto icon – icon bangunan dan jalanan di kota Bandung.

Sebelumnya : 9 Jam ke Bandung


Sumber :
https://www.itb.ac.id/sejarah
https://campus.quipper.com/majors/id-astronomi
https://keponih.com/promenade-hotel-selangkah-ke-cihampelas-walk/

No comments:

Post a Comment

Related Posts