Sunday, January 18, 2015

Age is Just a Number

Usia hanyalah sekedar angka


XXXIII
each of which raised to the fifth power
1^5 + 2^5

Usia hanyalah sekedar angka, yang bertambah dari waktu ke waktu. Bukan angka yang membuat kita bijak, bukan angka yang membuat kita dewasa, tapi apa yang kita lakukan untuk mengisi waktu di angka-angka itu.

Untuk itu dengan bertambah usia kita harus berterima kasih kepada Tuhan. Sebab masih diberi tenggat waktu untuk hidup lebih lama. Lebih dari itu yang penting adalah diberi kesehatan.

Bagi aku yang lahir di bulan Januari, sehingga saat yang tepat dengan momen tahun baru dimana sekaligus aku dapat mereview 1 tahun kebelakang apa saja yang sudah aku lakukan dan apa saja yang harus diperbaiki, sehingga aku tahu harus berbuat apa untuk 1 tahun ke depan.

Dan agar usia bukanlah sekedar sebuah angka, maka kita harus memahami dan memaknai usia sebagai suatu tolok ukur kita terhadap perilaku dan kepribadian yang harusnya semakin membaik. Untuk itu kita perlu membagi usia ke dalam 3 hal, yaitu :

1. Usia Biologis

Usia biologis adalah sederetan angka dimana angka ini akan bertambah 1 angka seiring bumi memutari matahari dengan sempurna. Dengan kata lain usia biologis adalah perhitungan usia berdasarkan kematangan biologis yang dimiliki oleh seseorang.

Banyak orang yang berusaha membohongi diri akan usia biologis-nya yang sebenarnya dengan melakukan pelbagai suntikan dan sedutan lemak agar tubuh tidak kelihatan dimakan usia. Dan banyak juga orang yang merasa saat usia menginjak 55 tahun, tiba-tiba merasa sudah tua.


2. Usia Psikologi

Usia psikologi menggambarkan tahap pemikiran kita. Usia psikologis atau usia mental adalah perhitungan usia yang didapatkan dari taraf kemampuan mental seseorang. Banyak kita jumpai orang dewasa tapi masih mempunyai usia psikologi seperti kekanak-kanakan.

Usia psikologis seseorang berkisar pada keterampilan psikologis atau kejiwaan dan mekanisme individu dalam menangani stres atau masalah. Orang yang gampang marah dan selalu meledak-ledak, emosional, gampang tersinggung diartikan sebagai usia psikologis yang muda. Usia psikologis muda identik dengan umur anak-anak yang tidak mampu menguasai emosinya.

Jadi walaupun usia Anda sudah 30-an tahun tapi karena kelakukan Anda yang gampang marah, tersinggung, egois bisa diartikan usia psikologia Anda lebih muda dari umur sebenarnya.


3. Usia Spiritual

Jenis usia yang ketiga pula adalah usia spiritual. Banyak orang yang sudah berusia dewasa tapi usia spiritualnya masih rendah atau tidak bergerak sejak meninggalkan sekolah. Sehingga banyak orang yang sudah belajar agama dan tidak menjadikan agama sebagai pedoman dan cara hidup.

Usia biologis akan meningkat sendiri. Tetapi usia psikologi dan usia spiritual perlu disirami agar ia berada di tahap yang seiring. Semakin kita beranjak tua, cara berfikir dan bertindak sudah tidak boleh seperti anak remaja.



Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://www.iluvislam.com
https://jakarta45.wordpress.com