Thursday, June 29, 2017

Soto Kudus

Setiap kita mudik ke kota Kudus, kuliner yang tidak pernah ketinggalan adalah soto Kudus. Sekilas soto Kudus mirip dengan soto Lamongan, yaitu berisi suwiran ayam dan taoge. Namun yang menjadi pembeda dan yang menjadi khas adalah soto kudus menggunakan daging kerbau.

Dan yang menjadikan nagih adalah penyajiannya dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Sehingga dijamin jika hanya menyantap 1 mangkok tidak akan puas, aku aja minimal 2 mangkok.

Konon soto kudus tidak menggunakan daging sapi karena penghormatan muslim Kudus terhadap agama Hindu, dimana sapi merupakan hewan suci bagai agama Hindu, sehingga oleh anjuran dari Sunan Kudus sebagai orang Islam untuk menghargai agama Hindu dan sebagai bentuk toleransi yang diajarkan oleh Sunan Kudus maka dipergunakanlah daging Kerbau sebagai daging dalam kuah soto Kudus.


Banyak sekali warung soto Kudus yang bisa kita jumpai di pelosok kota Kudus, namun yang selalu menjadi jujukan kita adalah soto Kudus warung bu Marni, yang terletak di dekat alun-alun kota Kudus, tepatnya di jalan Sunan Muria kota Kudus.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto_Kudus
http://www.negerikuindonesia.com/2015/05/soto-kudus-kuliner-khas-dari-kudus-jawa.html