Monday, June 12, 2017

Al Qur'an

Ramadhan ke-17

Al Qur'an adalah kitab suci agama Islam yang diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun, atau tepatnya selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari.

Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad, sekaligus sebagai salah satu tanda dari kenabian, dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad.

Al-Qur'an selain berisi cerita mengenai kisah bersejarah, menekankan pentingnya moral, digunakan bersama dengan hadits untuk menentukan hukum syari'ah, juga Al-Qur’an berisi dari Al-Qur’an sebagai petunjuk (sign). Al-Qur'an terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh. Dimana sekitar 1000 ayat berisi mengenai pengetahuan atau science.

Isi Al-Qur'an sejalan dengan pengetahuan (science), yaitu diantaranya adalah
  1. Galaksi 
  2. The Expanding Universe
  3. Matahari dan Bulan 
  4. Big Bang Theory
  5. Black Hole 
  6. Continental Drift
  7. Orbit
  8. Gunung
  9. Penyusutan Bumi
  10. Bumi 
  11. Hamparan Permukaan Bumi
  12. Lapisan Bumi
  13. Mineral Bumi
  14. Besi dari Langit
  15. Pembatas Air Lautan
  16. Api dalam Laut
  17. Kegelapan dalam Laut
  18. Arus dalam Laut
  19. Kekayaan dalam Laut
  20. Perahu Laksana Gunung

Meskipun begitu Al-Qur'an bukanlah buku science tapi merupakan buku sign, yaitu petunjuk dalam kehidupan, diantaranya adalah sebagai :
  1. Al-Furqan (Pembeda benar salah)
  2. Adz-Dzikr (Pemberi peringatan)
  3. Al-Mau'idhah (Pelajaran/nasihat)
  4. Al-Hukm (Peraturan/hukum)
  5. Al-Hikmah (Kebijaksanaan)
  6. Al-Huda (Petunjuk)
  7. Al-Bayan (Penerang)
  8. Al-Busyra (Kabar gembira)
  9. Al-Basha'ir (Pedoman)
  10. Al-Balagh (Penyampaian/kabar)
Ibarat mesin atau peralatan lainnya, sebelum kita menggunakannya langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membaca manual book atau buku petunjuk cara menggunakannya. Sehingga kita dapat menggunakan mesin atau peralatan tersebut dengan baik dan benar serta selamat.

Begitu pula hidup, di dunia agar kita dapat hidup dengan baik dan benar serta selamat, maka manusia harus dapat membedakan hal mana yg baik dan mana yg buruk, manusia juga membutuhkan pedoman hidup agar hidup selaras dalam menyimbangkan kehidupan antar manusia, sehingga akan menghasilkan kesejahteraan, akhlak mulia dan peradaban bagi manusia. 

Ayat-ayat al-Qur'selain dihafalkan oleh sahabat-sahabat begitu wahyu diturunkan, oleh Nabi Muhammad juga diperintahkan kepada Zaid bin Tsabit, Ali bin Abi Talib, Muawiyah bin Abu Sufyan dan Ubay bin Kaab untuk menulis ayat Al Qur'an, di pelepah kurma, lempengan batu, daun lontar, kulit atau daun kayu, pelana, potongan tulang belulang binatang.

Sahabat yang lain juga kerap menuliskan wahyu tersebut walau tidak diperintahkan.

Pada masa khalifah Abu Bakar, beberapa penghafal Al-Qur'an tewas akibat beberapa pertempuran. Lalu Abu Bakar memerintahkan Zaid bin Tsabit untuk mengumpulkan seluruh tulisan Al-Qur'an yang saat itu tersebar di antara para sahabat. Setelah terkumpul Al-Qur'an kemudian disusun secara rapi dalam satu mushaf.

Pada masa khalifah Utsman bin Affan, terdapat keragaman dalam cara pembacaan Al-Qur'an karena perbedaan dialek dari suku yang berbeda-beda. Oleh karena itu Utsman membuat sebuah mushaf standar yang ditulis dengan jenis penulisan yang baku. Standar Utsmani ini digunakan hingga saat sekarang sebagai standardisasi.

Dan untuk mencegah perselisihan umat Islam di masa depan, selain standarisasi tersebut, seluruh mushaf yang berbeda dengan standar diperintahkan untuk dimusnahkan atau dibakar. Sehingga diharapkan umat bersatu pada satu mushaf, dan tidak terjadi perpecahan dan perselisihan. Karena di dunia ini hanya ada 1 versi (version) Al-Quran, sedangkan yang beragam hanyalah terjemahan (translations). Sekali lagi version not translations.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an
https://id.wikipedia.org/wiki/Nuzulul_Qur%27an