Wednesday, June 21, 2017

Penghuni Bumi sebelum Manusia



وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ


And [mention, O Muhammad], when your Lord said to the angels, "Indeed, I will make upon the earth a successive authority." They said, "Will You place upon it one who causes corruption therein and sheds blood, while we declare Your praise and sanctify You?" Allah said, "Indeed, I know that which you do not know."

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”

 (QS. Al-Baqarah : 30)


"Ada Missing Link antara Simpanse dan Manusia Modern". Begitulah judul suatu artikel yang diambil dari National Geographic. Disebutkan bahwa peneliti merunut jejak leluhur manusia modern (Homo sapiens) berdasarkan genetika dan mengkaitkannya dengan manusia prasejarah Homo neanderthalensis, karena dianggap manusia prasejarah Neandertal merupakan kerabat terdekat kita Homo sapiens.

Ada missing link untuk melihat relasi antara simpanse (yang dikatakan kerabat terdekat manusia yang masih eksis hingga sekarang) dengan spesies manusia modern. DNA dari fosil-fosil Neandertal lebih dekat untuk digunakan membantu mereka mengidentifikasi keunikan-keunikan manusia modern ketimbang dari DNA simpanse.

Homo neanderthalensis hidup di Eropa dan sebagian kecil kawasan Asia Barat sebelum lenyap 30.000 tahun silam. 

Neanderthal berdasarkan fosil makhluk sebelum manusia seperti manusia dengan karakteristik yang lebih primitif, misalnya otak mereka lebih kecil, kemampuan berbicara terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu dibunyikan. Neanderthal ada 130 ribu tahun sebelum manusia.

Sedangkan manusia Adam diklasifikasikan sebagai Homo Sapiens. Homosapiens bukanlah evolusi dari Neanderthal. Neanderthal hanyalah makhluk seakan manusia yang telah ada sebelum kita (manusia Homo sapiens) ada.

Dalam agama Islam dijelaskan bahwa sebelum nabi Adam turun ke bumi, sudah ada makhluk yang menempati bumi yaitu abal jan dan banul jan. Dua kelompok ini kerap bertempur dan tidak pernah bersahabat.

Kemudian Allah memerintah ‘azajil memimpin para malaikat jibril mikail izroil dan malaikat yang lainnya, untuk menaklukan abal jan dan janul jan dibumi ini.

Setelah ditaklukan Allah menciptakan nabi Adam, diantara ‘azajil, malaikat dan adam diberikan ilmu oleh Allah karena tujuannya untuk menjadikan kholifah dibumi, setelah diuji ternyata yang lulus dari ujian tersebut adalah nabi Adam akhirnya semuanya diperintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Adam,

Semuanya sujud kecuali ‘azajil (bangsa Iblis) mereka sombong dan membangkang.


Sumber :
http://www.kabarmuslimah.com/inilah-penghuni-bumi-sebelum-nabi-adam-as/
http://lihatmari.blogspot.co.id/2015/06/3-umat-sebelum-nabi-adam-yang-pernah.html
https://tafsirq.com/2-al-baqarah/ayat-30
https://quran.com/2/30
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/10/terus-melacak-jejak-leluhur-manusia