Wednesday, June 28, 2017

Perjalanan Mudik ke Kudus (bagian 1)

Minggu, 25 Juni 2017

☪ Taqobbalallahu minna wa minkum. Barakallahu Fiikum.
☪ Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Senin, 26 Juni 2017
Pukul 05.04
Km 000

Setelah sehari berkunjung dan berkeliling untuk bersilaturahmi di seputar Surabaya dan Sidoarjo, kalo ini perjalanan mudik ke kota Kudus dimulai. Untuk mencapai kota Kudus dari kota Sidoarjo akan melewati beberapa kota yaitu diantaranya yaitu Sidoarjo - Surabaya - Gresik - Lamongan - Tuban - Rembang - Pati - Kudus.

Pukul 08.44
Km 230

Di tengah perjalanan kita menyempatkan beristirahat untuk makan pagi di Rumah Makan Pringsewu yang berada di kota Rembang. Setelah itu kita juga menyempatkan untuk beli oleh-oleh di pabrik Dua Kelinci di kota Pati.

Pukul 11.00

Akhirnya kita tiba di kota Kudus, tepatnya di area Bae. Malamnya kita ada acara halalbilhalal keluarga besar Soehardjo. Dan selepas acara tersebut kita kembali ke hotel @Hom Kudus untuk beristirahat.

Hari Selasa, 27 Juli 2017

Acara inti di kota Kudus yaitu acara halalbilhalal keluarga besar Soehardjo sudah ditunaikan, sekarang saatnya acara bebas. Dimulai dari bermain sepuasnya di wahana anak di The Peak View Waterboom yang berada di perumahan Mountain View Residence.

Setelah puas bermain di The Peak View Waterboom lalu kita lanjutkan dengan wisata edukasi di Museum Kretek Kudus. Disana kita akan melihat sejarah mengenai perkembangan rokok kretek dari masa ke masa.

Lokasi Museum Kretek Kudus tidak jauh dari lokasi The Peak View Waterboom, karena berada dekat dengan pusat kota Kudus. Yaitu berada di Desa Getaspejaten, jalan Getas Pejaten No 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Siang hari pukul 12.30, perut terasa keroncongan dan menu yang ditunggu-tunggu dari kemarin adalah soto Kudus, yaitu soto Kebo dan sate paru Kebo. Soto Kudus yang kita beli berada di simpang tujuh atau dekat alun-alun kota Kudus, yaitu tepatnya di jalan Sunan Muria.

Pukul 17.58
Km 352

Malam hari sambil makan malam kita berkeliling kota Kudus sambil berjalan-jalan di salah satu swalayan disana, yaitu Swalayan Ada.

Hari Rabu, 28 Juli 2017
Pukul 07.30

Selesai sarapan di Malabar Resto yang disediakan oleh hotel @Hom Kudus, kita melanjutkan perjalanan untuk mencari oleh-oleh jenang di toko oleh-oleh Mubarok. Dan bagusnya lagi di atas lantai 2 toko Mubarok ini ada Museum Jenang.

Setelah beli oleh jenang Mubarok dan berfoto-foto di Museum Jenang, kita lanjutkan untuk melihat tempat wisata religi di makan Sunan Kudus dan Menara Kudus.

Pukul 10.43
Km 371

Saatnya kita check out dari hotel @Hom Kudus untuk melakukan perjalan balik dari Kudus ke kota Sidoarjo. Di Pati kita juga sempatkan untuk beli oleh-oleh di Garuda Corner.

Pukul 13.29
Km 471

Untuk mengganjal perut yang lapar kita berhenti di sebuah toko roti di Rembang.

Pukul 14.54
Km 535

Dan akhirnya kita berhenti di kota Tuban, Rumah Makan Kurnia Dewi, tempat dimana 2 tahun lalu saat perjalanan balik kita berhenti untuk makan juga.

Pukul 15.44

Setelah perut kenyang kita lanjutkan kembali perjalanan menuju kota Sidoarjo.

Pukul 18.25
Km 656

Alhamdulillah akhirnya sampai juga di rumah Sidoarjo.