Monday, June 6, 2016

Galaksi

Ramadhan - 01

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ

And We have placed within the heaven great stars and have beautified it for the observers. 

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya). 

(Qs. Al Hijr : 16)


Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang, gas dan debu kosmik, dan materi gelap. Galaksi terdiri dari berbagai tipe mulai dari galaksi kerdil dengan 10 juta bintang hingga galaksi raksasa dengan 1 triliun bintang. Diperkirakan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi pada alam semesta.

Galaksi yang kita tempati menghimpun tata surya yang disebut dengan galaksi bima sakti. Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias yang berarti “susu,” yang merujuk pada galaksi Milky Way.

Galaksi ini jika dilihat pada malam hari akan nampak seperti embun tipis membentang dari arah timur laut ke arah barat daya. Apabila dilihat dengan teleskop ternyata bukanlah embun, tetapi berupa butir-butir bintang yang jumlahnya lebih dari seratus milyar, di mana matahari ini termasuk salah satu bagian dari butir-butir bintang tersebut.

Setengah abad yang lalu para astronom masih beranggapan bahwa tidak ada lagi kelompok-kelompok bintang di luar galaksi bima sakti. Kemudian setelah ada teropong yang lebih besar, lalu diketahui bahwa terdapat beberapa galaksi lagi yang di dalamnya berisi bermilyar-milyar bintang hingga diperkirakan ada sekitar 100 juta galaksi.

Penelitian terakhir menggunakan teropong teleskop terbesar di dunia Mount Palamor diketahui galaksi di alam semesta ini tak terhingga jumlahnya.


Sumber :
http://quran.com/15
http://astronesia.blogspot.co.id/2013/07/inilah-beberapa-ayat-suci-alquran-yang.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-Hijr
https://alquranyangajaib.wordpress.com/2013/06/13/astronomi-1-al-quran-mengungkap-tentang-angkasa/
http://sains-edy.upy.ac.id/2016/06/03/ayat-ayat-kauniyah-allah-galaksi-al-buruj-gugusankumpulan-bintang-bintang/