Thursday, June 23, 2016

Pendaftaran Siswa SD

Cara Pendaftaran dan Penerimaan Siswa SD 2016 / 2017

Tahun 2016 ini adalah waktunya Rangga masuk sekolah dasar (SD) setelah 3 tahun menempuh sekolah Playgroup (PG) dan TK (Taman Kanak-kanak). Untuk itu aku banyak mencari info tentang tata cara pendaftaran dan penerimaan siswa baru.

Dalam tahun ajaran baru 2016 / 2017, sekarang disiapkan Siap PPDB yaitu pendaftaran SD dengan secara online. Tentunya dengan cara online akan mempermudah kita dalam mendaftar karena konon katanya banyak wali murid yang antri dari subuh agar mendapatkan formulir pendaftaran.

Informasi pendaftaran dapat dibuka di siap-ppdb.com

Tanggal 13 Juni 2016, pengumuman mengenai tata cata pendaftaran dan penerimaan calon siswa sudah tertempel di depan sekolah SD masing-masing. Disana tertera pengumuman yaitu bahwa
Tanggal 20 Juni 2016, waktu untuk mengambil formulir
Tanggal 21 / 22 Juni 2016, untuk tes penerimaan
Tanggal 24 Juni 2016, pengumuman siswa yang diterima
Tanggal 25 Juni 2016, waktu untuk pendaftaran ulang


Contoh pengumuman tata cata pendaftaran dan penerimaan calon siswa di SDN Pucang 1 Sidoarjo


Hari Senin, tanggal 20 Juni 2016 sembari berangkat ke tempat kerja, pukl 07.30 aku sempatkan untuk mampir ke sekolah dengan tujuan mengambil map resmi dari pihak sekolah yang berisi formulir. Formulir ini nantinya harus diisi yang memuat informasi biodata anak sebagai calon siswa sekolah dasar.

Malam hari setelah mengisi biodata, jangan lupa juga untuk melampirkan 3 dokumen yaitu
- fotocopy STTB (Surat Tanda Tamat Belajar),
- fotocopy KK (Kartu Keluarga)
- fotocopy Akte Kelahiran

Keesokan harinya, hari Selasa, tanggal 21 Juni 2016, aku sebagai orangtua bersama anak berangkat ke sekolah tempat penerimaan SD pukul 07.30. Disana mengambil nomor antrian agar tertib saat melakukan serangkaian acara pendaftaran dna penerimaan calon siswa baru SD.

Terdapat 3 ruang kelas, yaitu
Pertama, ruang kelas untuk pengecekan kelengkapan syarat administrasi, mulai dari formulir pendaftaran dan 3 dokumen fotocopy diatas berserta dokumen yang asli.
Kedua, ruang kelas berikutnya untuk mengukur tinggi badan dan berat badan calon siswa.
Ketiga, dan ruang kelas terakhir adalah ruang kelas untuk ruang wawancara dimana nanti calon siswa ditanya beberapa hal oleh sang guru.

Setelah itu waktu yang tersisa kita gunakan untuk berdoa, agar apapun hasilnya nanti merupakan hal yang terbaik bagi anak kita. Baik hasil pengumuman tersebut diterima atau tidak.

Hari Jumat, tanggal 24 Juni 2016 merupakan hari pengumuman mengenai diterima atau tidaknya anak kita di SD yang kita daftarkan. Rasa deg-degan tidak kalah seperti waktu aku melakukan tes UMPTN yaitu tes masuk ke Perguruan Tinggi.

Dan akhirnya, alhamdulillah hasilnya adalah yang terbaik dari Allah swt.

Contoh pengumuman penerimaan siswa baru SDN Pucang 1 Sidoarjo.