Sunday, June 12, 2016

Orbit

Ramadhan-07

وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الْحُبُكِ

By the heaven containing pathways,

Demi langit yang mempunyai jalan-jalan.
(QS. Adz-Dzaariyat : 7).


Orbit adalah jalan benda langit di bawah kendali gaya gravitasi. Gravitasi melengkungkan ruang layaknya bola melengkungkan karet dan membuat benda di sekitarnya bergerak lurus di area lingkaran.

Orbit pertama kali dianalisa secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet.

Ahli astronomi memperkirakan matahari bergerak dengan kecepatan luar biasa sehingga 720 ribu kilometer sejam ke arah bintang Vega dalam sebuah orbit yang disebut Solar Apex. Jika diperhitungkan maka matahari bergerak sejauh kurang lebih 17,280,000 kilometer dalam sehari.

Komet Halley juga bergerak mengikuti orbitnya yang telah ditetapkan. Begitu juga komet yang lain. Semua benda langit termasuk planet, satelit yang mengiringi planet, bintang dan bahkan galaksi, memiliki orbit atau orbit mereka masing-masing. Galaksi-galaksi pun berjalan pada kecepatan luar biasa. Semua benda langit tersebut bergerak dalam garis peredaran yang seperti peraturan yang sangat teliti.


Sumber :
http://quran.com/51/7
http://www.keajaibanalquran.com/astronomy_orbits.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Orbit
http://kliksma.com/2015/08/pengertian-orbit-pada-benda-langit.html
https://www.facebook.com/berbagi.al.quran/posts/636911216347492
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/04/02/m1uml4-subhanallah-inilah-mukjizat-alquran-tentang-garis-edar-tata-surya

No comments:

Post a Comment

Related Posts