Monday, June 13, 2016

Penyusutan Bumi

Ramadhan-09

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا نَأْتِي الْأَرْضَ نَنْقُصُهَا مِنْ أَطْرَافِهَا ۚوَاللَّهُ يَحْكُمُ لَا مُعَقِّبَ لِحُكْمِهِ ۚوَهُوَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Have they not seen that We set upon the land, reducing it from its borders? And Allah decides; there is no adjuster of His decision. And He is swift in account.

Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami mendatangi daerah-daerah (orang-orang kafir), lain Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya? Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya, dan Allah-lah yang Mahacepat hisab-Nya. (QS Al-Ra'd, 13:41)


Ilmu pengetahuan modern mengukuhkan bahwa bumi terus menyusut secara berkelanjutan di seluruh penjuru dan sudutnya. Yang menjadi sebab penyusutan ini adalah keluarnya berjuta-juta ton material bumi dalam bentuk gas, benda cair dan padat dari mulut gunung-gunung berapi secara terus-menerus secara bergantian sehingga berdampak pada penyusutan bumi secara terus-menerus.

Permukaan bumi itu tidak sama, disana terdapat stalasit (batu-batuan yang menonjol diatas goa ) yang merupakan tepi-tepian lapisan bumi, dari sisi lain bumi itu sendiri bulat menyerupai bola, ia mempunyai garis khatulistiwa dan kutub yang juga merupakan tepi-tepian bumi termasuk didalamnya permukaan bumi itu sendiri, dan lautan yang berbentuk bulat atau menyerupai bulatan dipandang sebagai sisi-sisi bumi, dan semua sisi-sisi tersebut dalam kondisi pengurangan yang berkelanjutan dengan kehendak Allah SWT.
Ilmu pengetahuan modern yang menegaskan kebenaran alam semesta yang melakukan proses penyusutan dengan dirinya dengan kontiyuitas dari berbagai tepi-tepinya. Yang menyebabkan terjadinya penyusutan adalah keluarnya keluarnya materi dan energi dari dalam bumi tersebut dalaqm bentuk gas-gas , uap, benda-benda yang mengalir dari celah-celah gunung merapi dalam jumlah jutaan ton dan keluar secara priodik sehingga menyebabkan kesinambungan penyusutan bumi, para ilmuwan mengatakan bahwa besarnya bumi kita saat ini 200 kali lebih kecil dari bumi kita sekarang.

Apakah keluarnya kuantitas gas-gas,uap, dan benda-benda padat yang sangat besar akan menyebabkan penyusutan bumi ? Ya, keluarnya gas-gas,uap-uap dan benda-benda padat lainnya dari dalam gunung merapi yang berjumlah tonan setiap tahun akan menyebabkan pengurangan sisi-sisi bumi yang akan menyebabkan penyusutan secara sempurna, dan sebagian ilmwuan mengatakan juga : bahwa proses pengikisan bumi menyebabkan terjadinya erosi pada gunung-gunung, sehingga bertemu didalam kerendahan, Ini merupakan proses pengurangan bumi dari sisi-sisinya.

Sedangkan sebagian yang lain mengatakan bahwa proses pengikisan tersebut terjadi karena proses rotasi bumi pada porosnya yang kemudian sedikit terbelah di garis khatulistiwa, dan perbedaan antara teritorial kutub dan teritorial khatulistiwa bumi adalah 42 KM. Dan ini merupakan pengurangan bumi dari sisi-sisinya.

Sejumlah ilmuwan mengatakan bahwa dalam banjir lautan terhadap daerah kering terjadi pengurangan bumi dari sisi-sisinya. Dan masih banyak lagi penafsiran-penafsiran lain yang tidak mungkin saya jelaskan disini karena keterbatasan tempat.


Sumber :
http://quran.com/13/41
http://sultonimubin.blogspot.co.id/2012/11/ar-rad-ayat-41-43-dan-terjemah.html
https://alquranmulia.wordpress.com/2015/09/24/tafsir-ibnu-katsir-surah-ar-radu-ayat-40-41/
http://islamictoshare.blogspot.co.id/2009/09/mukjizat-ke-22-bumi-yang-mempunyai.html
https://www.facebook.com/permalink.php?id=151125391659710&story_fbid=589591601146418
http://magicmengajisejam.blogspot.co.id/2012/02/30-menit-kuasai-tajwid.html