Friday, June 17, 2016

Lapisan Bumi

Ramadhan-12
 
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا


It is Allah who has created seven heavens and of the earth, the like of them. [His] command descends among them so you may know that Allah is over all things competent and that Allah has encompassed all things in knowledge.

Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.

(QS At-Talaq : 12)

Para ilmuwan menjelaskan bagian-bagian dalam bumi, yang mempunyai tingkatan terdiri dari bebatuan yang terbakar yang merupakan penutup atau pelindung beabatuan. Kemudian, ada lagi tiga tingkatan lain yang berbeda, dilihat dari segi ketebalannya dan tekanan suhunya yang tinggi.

Oleh sebab itu, para ilmuwan mengklasifikasikan bumi terdiri dari 7 lapis. Penelitian ini pernah dilakukan U. S. Geological Survey.

1. Centrosphere (Inti Bumi)
2. Lapisan Luar Inti Bumi
3. Lapisan Terbawah Pita Bumi (Pita Bawah)
4. Lapisan Tengah Pita Bumi (Pita Tengah)
5. Lapisan Teratas Pita Bumi (Pita Atas)
6. Lapisan Bawah Kerak Bumi
7. Lapisan Atas Kerak Bumi

Tujuh tingkatan bumi memiliki perbedaan yang sangat jauh antara masing-masing tingkatan, baik dari segi susunannya, ketebalannya, suhu yang terdapat di sana, maupun satuan (zat) yang ada. Oleh sebab itu, tidak mungkin bisa dikatakan bahwa globe (bola bumi) hanya ada satu tingkat, seperti apa yang dipercayai pada zaman dahulu.

Fakta sains juga telah menjelaskan bahwa lapisan dalam planet bumi memang terdiri atas tujuh lapis. Demikian pula dengan langit yang memiliki tujuh lapis atmosfer. Tepat seperti yang telah diungkapkanNya dalam ayat diatas.

Tujuh lapisan interior planet bumi itu ialah:
a. Lithosphere/crust (0-60 km)
b. Upper/shallow mantle/astenosfer (60-400 km)
c. Transition region (400-650 km)
d. Lower mantle (650-2890 km)
e. Discontinuity (gutenberg) (2700-2890 km)
f. Outer core (2890-5150 km)
g. Inner core (5150-6378 km)


Sumber :
http://quran.com/65/12
http://tafsirq.com/65-at-talaq/ayat-12
http://zenmasyafta.blogspot.co.id/2012/11/penciptaan-langit-dan-bumi-perspektif.html
http://baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/ilmu-bumi/subhaanallah-tujuh-lapis-bumi-di-al-quran-sesuai-penelitian-modern-mukjizat-al-quran/

No comments:

Post a Comment

Related Posts