Tuesday, June 5, 2018

Trans Jawa


Pengalaman mengarungi jalan tol dari Surabaya ke kota Madiun cukup mengasyikkan. Itu baru sekian persen dari jalan tol Trans Jawa. Dimana nantinya jalan tol Trans Jawa ini akan menghubungkan dari ujung Barat pulau Jawa hingga ke ujung Timur pulau Jawa. Yaitu dari Merak hingga ke Banyuwangi, sejauh 1200 km.

Konon rencana Trans Jawa yang menyambungkan Pulau Jawa dengan tol sudah ada sejak 20 tahun lalu. Dimana pada masa pemerintahan sebelumnya Trans Jawa ditargetkan tuntas pada 2014. Namun dikarenakan sesuatu hal diundur hingga 2019.

Namun sekarang pemerintahan men-target-kan penyelesaian Trans Jawa dipercepat menjadi 2018, bahkan ruasnya diperpanjang hingga Banyuwangi, semuanya ditarget tuntas 2019. Untuk mencapai target tersebut para kontraktor bekerja 24 jam dengan tiga shift kerja.

Para kontraktor yang mengerjakan proyek Trans Jawa adalah PT Waskita Karya, PT Jasa Marga, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Untuk pembebasan lahan Tol Trans Jawa ini, pemerintah menganggarkan dana Rp5,3 triliun, dari total alokasi dana pembebasan lahan seluruh tol di Indonesia mencapai sekitar Rp22,6 triliun.


Sumber :
https://tirto.id/ambisi-menyambungkan-jawa-dengan-tol-bUXX