Friday, June 15, 2018

Mudik Lebaran 2018 (Ke Kudus)

Jumat, 15 Juni 2018
Jam 12.18
Km 85

Selesai unjung-unjung ke sanak famili yang ada di Surabaya, perjalanan panjang mudik ke kota Kudus resmi dimulai. Dari Surabaya kita masuk melalui pintu tol Perak atau Dupak. Sebalum mencapai kota Kudus, kita akan menuju kota mulai dari Surabaya - Gresik - Lamongan - Tuban - Lasem - Rembang - Pati - Kudus.


Jam 13.00
Km 113

Belum 30 km, perjalanan rehat sejenak di rest area tol Surabaya - Gresik, karena aku dan anakku yang pertama harus mampir ke toilet. Memang, aku dan anakku terkenal beser alias gampang kebelet pipis terutama selama perjalanan.


Jam 14.45
Km 208

Setelah menempuh 2.5 jam, perjalanan harus kita hentikan sejenak untuk istirahat sejenak, meluruskan otot-otot yang kaku. Kita berhenti di pom bensin, sekaligus untuk pipis. Lokasi pom bensin berada di antara kota Tuban ke Rembang.


Jam 16.15
Km 290

Setelah mencapai jarak 200 km lebih sedikit, waktunya untuk mengistirahatkan tubuh dan kendaraan. Dan seperti perjalanan sebelum-sebelumnya, kita berhenti di rumah makan Pring Sewu yang cukup aktif meng-iklan-kan diri.

Bayangkan saja, sejak 60 km sebelum lokasi, sudah ada poster atau banner yang menunjukkan adanya lokasi Pring Sewu tersebut. Namun memang rekomended tempatnya, selain rasa dari makanan yang cukup enak, tempat parkir luas, tempat sholat yang nyaman dan toilet yang cukup bersih. Jadi disini kita sholat Dhuhur sekaligus jamak dengan sholat Ashar.

Lokasi rumah makan Pring Sewu berada di kota Rembang.


Jam 17.23

Setelah 1 jam lebih rehat, perjalanan dilanjutkan kembali.



Jam 18.00

Saat akan lepas dari kota Pati, kita sengaja mampir ke showroom sekaligus pabrik makanan Dua Kelinci. Produk yang dijual tidak hanya kacang, meskipun makanan lainnya yang tersedia juga masih dominan kacang.

Selain beli snack, kita sempatkan mampir ke Mushola untuk sholat Maghrib.



19.00
Km 362

Dan akhirnya sampai juga kita di tujuan, yaitu di rumah Kudus, tepatnya di desa Bae Kudus. Alhamdulillah jarak sejauh 277 km kita tempuh tanpa ada aral melintang. Perjalanan selama 4 jam 34 menit atau total jika dihitung dengan rehat dan istirahat adalah selama 6 jam 42 menit kita lalui dengan lancar.