Monday, June 4, 2018

Gatal pada Kulit Anak

Beberapa hari terakhir kulit anak pertamaku gatal-gatal. Tidak terlalu gatal banget, tapi cukup mengganggu, terlebih kalo gatal digaruk hingga membekas kehitaman. Karena sudah lebih dari 1 minggu, akhirnya kita bawa ke Rumah Sakit untuk dicek oleh dokter kulit.

Gejala gatal pada anak tentunya menyebabkan anak menjadi tidak nyaman. Karena pasti disadari atau tanpa sadar diikuti dengan gerakan tangannya yang menggaruk area kulitnya yang terasa gatal. Sehingga beberapa muncul ruam-ruam di kulit hingga berwarna kemerahan.

Penyebab gatal pada anak ada beberapa faktor, misalnya gigitan serangga, kondisi kulit yang terlalu kering, alergi, iritasi, infeksi kuman, dan kondisi psikologis. Kulit yang terlalu kering umumnya terjadi akibat kelembapan udara yang rendah dan berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama.


Namun setelah diperiksa oleh dokter kulit, ternyata penyebabnya adalah karena alergi dan iritasi. Alergi dan iritasi ini biasanya terjadi akibat penggunaan kosmetik, sabun, makanan, dan bahan pakaian tertentu.

Untuk itu, oleh dokter diberi tips sebagai berikut :

  1. Jaga agar kulit si kecil tetap lembap dengan diberi losion.
  2. Cari alternatif lain untuk sabun, paling mudah adalah menggunakan sabun bayi.
  3. Pastikan kukunya sudah dipotong rapi.
  4. Jika gatal usahakan tidak digaruk tapi cukup diusap.

Sumber :
http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1207325/kenali-lebih-jauh-gatal-pada-anak-untuk-penanganan-yang-lebih-baik