Tuesday, September 17, 2019

Keep it Simple, Stupid

“If you can’t explain it to a six year old, you don’t understand it well enough.”-Albert Einstein
Apa yang dikatakan oleh Albert Einstein sejalan dengan istilah "Keep it Simple, Stupid" atau "Keep it Stupid Simple". Atau yang dikenal dengan prinsip KiSS. Variasi pada frasa tersebut meliputi: "Keep it simple, silly""keep it short and simple""keep it simple and straightforward""keep it small and simple", or "keep it stupid simple".

Prinsip KiSS menyatakan bahwa sebagian besar sistem bekerja paling baik jika dibuat sederhana daripada dibuat rumit; oleh karena itu, kesederhanaan (simplicity dan simplicity II) harus menjadi tujuan utama dalam desain, dan kompleksitas yang tidak perlu harus dihindari.

Ungkapan ini telah dikaitkan dengan insinyur pesawat terbang Kelly Johnson. Istilah "prinsip KiSS" mulai digunakan pada tahun 1970. Sumber lain mengatakan pertama kali prinsip ini dikemukakan adalah oleh Angkatan Laut Amerika Serikat di tahun 1960.

Tapi pada intinya para insinyur di salah satu angkatan laut terbesar di dunia itu menemukan bahwa sebuah sistem ternyata beroperasi dengan baik ketika dibuat dengan sesederhana mungkin. Semakin sederhana, semakin baik karena menghindarkan kerumitan yang memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan.

Kisah lain yang sangat terkenal mengenai prinsip KiSS adalah cerita mengenai NASA yang seedang mengirimkan astronot ke luar angkasa, mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa berfungsi di gravitasi nol, karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata pena.

Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu decade dan 12 juta dolar.

Mereka mengembangkan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik, dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam derajat temperatur mulai dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat Celcius.

Namun apa yang dilakukan oleh saingan abadi mereka yaitu orang Rusia, mereka menggunakan prinsip KiSS, menggunakan pensil.

Filosofi KISS (Keep It Simple Stupid), yaitu selalu mencari solusi yang sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat melakukannya. Cobalah menyusun solusi yang paling sederhana dan memungkinkan untuk memecahkan masalah yang ada.

Maka dari itu, kita harus belajar untuk fokus pada solusi daripada berfokus pada masalah.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/KISS_principle
http://www.fotografi.lovelybogor.com/prinsip-kiss-keep-simple-stupid/
https://kusdiyono.wordpress.com/2011/05/02/filosofi-kiss-keep-it-simple-stupid/
https://www.interaction-design.org/literature/article/kiss-keep-it-simple-stupid-a-design-principle

No comments:

Post a Comment

Related Posts