Monday, September 23, 2019

Cappuccino vs Caffe Latte

Jika berkunjung ke kedai kopi, ada 2 yang sering aku pesan, yaitu cappuccino dan caffe latte. Keduanya mirip dan hampir memiliki rasa yang sama. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki tambahan milk foam dan steamed milk.

Jadi meski sama-sama terbuat dari espresso dan susu, yang membedakan cappuccino dan caffe latte adalah jumlah takaran susu dan banyaknya foam yang ditambahkan ke dalam espresso. Tentunya banyaknya susu yang ditambahkan ini akan turut memengaruhi rasa kopi yang disajikan.

Sehingga rasa cappuccino dan latte tentu saja tidak sama.


Mari kita bahas satu persatu

Caffe Latte

Latte dikenal sebagai café au lait dalam bahasa Perancis, café con leche dalam bahasa Spanyol, dan Milchkaffee dalam bahasa Jerman. Latte adalah susu bukan buih susu sehingga jumlah susu dalam latte cukup signifikan.

Caffe latte adalah kopi espresso yang diberi susu. Orang Indonesia kerap saat memesan kopi ini hanya menyebut “latte” saja. Di Italia, latte berarti susu. Jadi jika Anda memesan latte, maka Anda akan diberi segelas susu.

Untuk membuat caffe latte adalah pada proses steaming susunya. Umumnya, proses steaming susu ini berfungsi untuk dua hal, yaitu memanaskan susu hingga mencapai temperatur tertentu sesuai dengan yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam.

Komposisi caffe latte sebagai berikut:
∙ Double shot espresso (sekitar 60 ml).
∙ Susu yang di-steam, biasanya hampir secangkir penuh.
∙ Micro foam kira-kira hanya setebal 1 cm di lapisan atasnya.

Caffe Latte disajikan dengan busa di atasnya yang hanya digunakan untuk hiasan untuk membuatnya lebih menarik. Agar menarik sering dibuat hiasan pada caffe latte, seperti berbentuk hati atau daun.



Cappuccino

Resep standar cappuccino terdiri atas sepertiga espresso, sepertiga susu, dan sepertiga busa susu. Minuman ini memiliki lapisan tebal busa di atasnya. Cappuccino memiliki rasa lebih kuat dibandingkan dengan latte tetapi dengan atribut rasa seimbang.

Cappucino adalah salah satu jenis racikan kopi yang disajikan dengan steamed milk. Di Italia, tak ada orang yang memesan cappuccino lewat dari pukul 10.00 pagi. Orang Italia meminum cappuccino hanya untuk sarapan. Hal ini karena cappuccino mengandung susu.

Komposisi cappuccino sebagai berikut:
∙ 1/3 espresso
∙ 1/3 steamed milk
∙ 1/3 milk froth

Jadi cappuccino adalah kopi dengan takaran yang sama untuk setiap komposisinya (espresso, susu steamed, dan froth susu). Saat kita meminum cappucino, kita umumnya akan merasakan foam yang agak tegas dan bold di saat pertama tegukan, lalu diikuti kopi dengan rasa milky yang kuat setelahnya.

Cappucino tidak memakai art di permukaannya. Cappuccino biasanya dihiasi dengan taburan bubuk kayu manis di atasnya, atau di-garnish dengan bubuk coklat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts