Monday, September 9, 2019

3 Cara Menghadapi Teman Egois

Setiap hal memiliki alasan, begitu pula dengan sifat keras kepala seseorang.

Banyak orang yang bersikap egois karena mereka sedang menyembunyikan masalah. Terkadang sikap egois akan muncul ketika seseorang merasa cemas atau takut. Bisa jadi temanmu menjadi egois karena rasa takutnya.


Cara Menghadapi Teman Egois : Mengalah

Egois atau sikap keras kepala, tercermin saat seseorang terkesan supaya pendapatnya didengarkan dan diterapkan. Meskipun hal tersebut tidak mungkin, salah atau keliru. Hal yang sebaiknya kita lakukan adalah mundur dan biarkan teman anda menjalankan keinginan atau pendapatnya.

Tidak ada gunanya mendebat teman yang egois dan keras kepala. Karena bisa ditebak akan menjadi bertengkar dan berdebat tanpa ujung. Tidak masalah jika teman yang egois mempertahankan pendapat dan pemikirannya, jika hal tersebut bukanlah hal yang prinsipil janganlah berusaha untuk merubah pikiran dan pendapat teman anda.

Terima saja.

Mengalah bukanlah sikap kalah. Namun mengalah adalah mengijinkan teman untuk menang, yang artinya kita mempunyai derajat lebih tinggi karena mengijinkan.

Jika pada akhirnya berakibat buruk, pasti teman tersebut akan merubah pikiran mereka sendiri.


Aktiflah dalam mencari teman yang lebih baik

Berikutnya jangan sampai rasa sakit, penderitaan, kepedihan dan kelelahan akan memberikan energi emosional yang negatif bagi kita. Sebaiknya kita menghindari sejenak. Dan sebaliknya kita cari teman baru yang lebih baik.


Tegaslah kepadanya.

Namun ada kalanya kita bersikap tegas jika menyangkut hal prinsipil dan sudah berlebihan. Tegaskan bahwa yang dilakukannya salah, agar dia bisa mengerti dan memahami bahwa sikapnya selama ini bisa mengganggu orang lain dan tidak baik buatnya sendiri.

Tenang dan cobalah berbicara padanya, dan berikan alasan yang masuk akal agar dia bisa sedikit demi sedikit mengurangi sifat negatifnya tersebut.


Sumber :
http://riliv.co/rilivstory/cara-menghadapi-teman-yang-egois/
http://www.psikoma.com/cara-menghadapi-teman-yang-egois-dengan-mudah/
https://www.hipwee.com/list/5-cara-elegan-hadapi-teman-yang-egois-dan-bikin-geregetan-daripada-tiap-hari-kamu-hilang-sabar/
https://www.idntimes.com/life/relationship/dianaekawati/jangan-kesel-melulu-ini-cara-mengatasi-teman-yang-egois-dan-keras-kepala-c1c2/full

No comments:

Post a Comment

Related Posts