Monday, May 1, 2023

Afternoon Slump

Terkadang di sore hari setelah seharian beraktivitas kita butuh istirahat karena kelelahan. Namun tidak disarankan tidur. Sebab tidur sore hari justru membuat tubuh jadi lemas. Hal ini dikarenakan tubuh justru akan kekurangan oksigen jika tidur pada sore hari sehingga tubuh terasa lemas.

Rasa lemas bisa dialami sampai keesokan hari karena asupan oksigen pada tubuh tidak berjalan dengan lancar sehingga akan mengganggu rutinitas sehari-hari. Saat terbangun dari tidur sore akan membuat orang merasakan sensasi tubuh yang aneh dan kebingungan bahkan mengalami hilang ingatan untuk sementara waktu.

Berdasarkan agama Islam menurut Nahdlatul Ulama dalam NU online situs resminya tidur setelah masuk waktu asar hukumnya dilarang. Karena dapat berisiko mengurangi daya aktif akal pelakunya. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan Ad-Dailami. “Barang siapa tidur setelah waktu asar, lalu hilang akalnya, maka jangan pernah salahkan kecuali pada dirinya sendiri.”

Rasa kantuk setelah siang hari hingga sore hari disebut dengan afternoon slump yang seringnya menyerang saat sedang kerja atau belajar.

The afternoon slump is a period of the day, typically between 1-3 p.m., in which a person loses some of their energy and motivation. People commonly feel tired when they experience the afternoon slump, but it can also involve difficulty with focus.

Afternoon slump ini dapat kita lawan dengan rutin berolahraga. 

Dengan olahraga maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Sehat penting namun bugar juga diperlukan.

Sehat berarti secara fisik, mental, dan sosial tidak memiliki keluhan penyakit atau gangguan. Sementara bugar berarti mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan lebih daripada itu tanpa kelelahan berlebihan. Olah raga menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.


Sumber :

https://www.liputan6.com/hot/read/4162239/6-dampak-buruk-tidur-sore-bagi-kesehatan-waspadai

https://kumparan.com/berita_viral/suka-tidur-sore-waspada-ini-5-dampak-buruknya-bagi-kesehatan-1yc5iKXphiB

https://m.solopos.com/hukum-tidur-sore-setelah-asar-menurut-islam-1458732

https://doktersehat.com/informasi/kesehatan-umum/kenali-afternoon-slump-penyebab-ciri-dan-cara-mengatasinya/

https://www.idntimes.com/life/inspiration/amp/delweys-octoria/cara-mengatasi-afternoon-slump-c1c2?page=all#page-2

https://www.antaranews.com/berita/1474899/sehat-belum-tentu-bugar-kenali-perbedaannya

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/afternoon-slump#:~:text=The%20afternoon%20slump%20is%20a,also%20involve%20difficulty%20with%20focus.

https://dealersupport.co.uk/beating-the-mid-afternoon-slump/

No comments:

Post a Comment

Related Posts