Wednesday, May 17, 2023

Saya Bukan Messi Baru

Bojan Krkic menyatakan gantung sepatu di usia 32 tahun cukup mengejutkan sebenarnya, karena Bojan merupakan pemain yang sempat bersinar bersama Barcelona. Bojan mengakhiri karir bukan karena masalah kesehatan. Juga bukan karena masalah fisik, karena dia pernah 3 kali mengalami cedera, tetapi bisa kembali pulih dengan kondisi 100%. 

Namun Bojan pensiun karena sudah kehilangan semangat untuk lanjut bermain sepak bola. 

Dulu Bojan merupakan jebolan akademi Barcelona, La Masia, dan mencetak 900 gol di tingkat junior. Sehingga dia digadang-gadang menjadi The Next Lionel Messi. Menjadi bocah ajaib yang punya kemampuan olah bola eksepsional serta dilabeli status wonderkid bak sebuah kehidupan penuh mimpi bagi Bojan Krkic.

Namun semua sirna dan tidak sesuai harapan.

Bojan mengaku sering mengalami serangan kecemasan karena mendapatkan banyak soroton setelah melakukan debut di tim senior Barcelona. Gangguan kecemasan membuat karir sang pemain justru merosot sangat jauh.

Padahal pada musim perdananya, ia langsung mencatatkan total 48 penampilan serta mencetak 12 gol. Bahkan debut Bojan mematahkan rekor Lionel Messi sebagai debutan termuda Blaugrana. Tatkala turun di kancah profesional untuk kali pertama, Messi berusia 17 tahun 3 bulan 22 hari pada 2004 silam sedangkan Bojan menginjak rumput Stadion El Sadar di usia 17 tahun 19 hari.

Namun setelahnya Bojan tidak menunjukkan peningkatan dalam permainannya, malah cenderung menurun. 

Gejala kecemasan yang dirasakannya adalah pusing yang hebat, kewalahan lalu panik. Namun sayangnya penyakit tersebut tidak disembuhkan dengan baik melalui penanganan psikologis untuk melewati pembatas dibangun oleh rasa takut, tapi malah dia memutuskan untuk tidak ikut, dan bahkan mengisolasi diri sendiri.

Alasan penurunan performanya adalah karena dirinya mengalami gangguan psikologis. Bahkan pada Piala Eropa 2008 dia tidak ikut karena masalah kecemasan tersebut namun dia mengatakan sedang berlibur. 

Hal tersebut membuatnya dihujat media-media Spanyol karena dia dianggap sengaja menolak panggilan Aragones dan tidak peduli dengan kiprah La Furia Roja. Tentu saja kabar ini malah memojokkan dan membuat pikirannya semakin kacau dan diliputi perasaan cemas.

Sekarang Bojan telah pensiun, dia ingin menikmati bab selanjutnya dalam hidup dengan keluarga. Bojan ingin melakukan aktivitas lain dan siap mencoba hal-hal baru.

Selamat pensiun Bojan, semoga sukses selalu.


Sumber: 

https://mediaindonesia.com/sepak-bola/568155/mantan-penyerang-barcelona-bojan-krkic-pensiun-di-usia-32-tahun

https://www.bola.net/spanyol/gangguan-kecemasan-buat-krkic-gagal-jadi-messi-baru-3c90c6.html

https://fandom.id/bojan-krkic-yang-terbenam-ekspektasi/

https://sport.tempo.co/read/1706349/mantan-bintang-barcelona-bojan-krkic-putuskan-pensiun-di-usia-32-tahun

No comments:

Post a Comment

Related Posts