Sunday, May 14, 2023

Gowes ke Situs Giri Kedaton

Sudah 4 bulan lamanya tidak gowes semenjak gowes ke Makam Mbah Buyut Surgi pada bulan Januari 2023 lalu, minggu pagi ini tiba-tiba pengen bersepeda lagi. Pukul 05.15 berangkat dari rumah untuk menuju ke Pondok Permata Suci sebagai titik start gowes.


Sekitar pukul 06.30 perjalanan dimulai. Rute di daerah kota Gresik cukup lumayan dengan jalan tanjakan dan turunan. Pukul 07.12 akhirnya kita sampai di lokasi pertama yaitu Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno.



Situs Giri Kedaton berada Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kebomas, sekitar 200 meter sebelah selatan dari kompleks makam Sunan Giri yang terletak di puncak sebuah bukit dengan tanjakan tajam yang relatif curam.

Situs ini merupakan kedaton (istana) atau pusat pemerintahan era Giri I yang didirikan oleh Raden Paku atau Raden Ainul Yaqin pada 1408 Saka (1486 M), dan bergelar Sunan Giri. Pada 1409 Saka (1487M) ia menjadi Nata (kepala pemerintahan) bergelar Prabhu Satmata, dan sebagai Pandita (pemimpin umat Islam) dengan gelar Tetunggul Khalifatul Mukminin.

Bangunan tersebut berbentuk tingkat tujuh di puncak bukit ini dibangun Masjid / Pondok Pesantren yang tinggal nampak bekas-bekasnya, lalu di belakang masjid terdapat makam Raden Supeno yaitu putera Sunan Giri yang meninggal ketika masih remaja.

Raden Supeno adalah putra dari Sunan Giri dari istri Dewi Wardah binti Sunan Bungkul Surabaya. Raden Supeno mempunyai nama lain yaitu Raden Ramli. Konon beliau terbunuh oleh prajurit yang diutus untuk membunuh Sunan Giri di Giri Kedaton.

Prajurit tersebut menuju Giri Kedaton dengan cara diam-diam dan mengambil posisi di area Telaga Pegat, namun usaha tersebut menewaskan putra Sunan Giri yang bernama Raden Supeno tersebut. Jasa kepahlawanannya ditandai dengan gelar ‘Pangeran Pasir Batang’ artinya pelopor tanah tebakan yaitu Bumi Kedaton.


Giri Kedaton menjadi sebuah daerah yang sangat istimewa, wilayah enklave di tengah kerajaan Majapahit yang begitu besar. Lebih rinci Giri Kedaton bisa dipahami sebagai Monastic State atau negara berbasis institusi agama.

Konsep ini seperti Monastic community of Mount Athos, Monastic State of the Teutonic Order, dan beberapa negara lain. Dalam kasus ini Giri Kedaton adalah sebuah negara pesantren yang tidak memiliki perangkat lengkap layaknya sebuah negara namun memiliki pengaruh yang sangat luar biasa.


Selanjutnya pukul 08.30 kita gowes ke Makam Putri Cempo, hal ini mengulang 2 tahun lalu yaitu pada bulan Januari 2021 saat Gowes Bareng ke Makam Putri Cempo. Cuma pada waktu itu tidak bisa sampai lokasi karena terdapat ruas jalan yang longsor.

Putri Cempo merupakan putri yang berasal dari Negeri Campa (Vietnam), sebagian orang menganggap sebagai istri dari Sunan Giri. Putri Cempo merupakan seorang saudagar yang berasal dari Campa atau Vietnam yang mengikuti jejak perjuangan Sunan Giri dalam memperjuangkan Islam di pulau Jawa khususnya Gresik.

Putri Cempo atau Dewi Retno Suwari dimakamkan secara Islam di perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon rindang yang terletak di Gunungsari kelurahan Sidomoro, Kecamatan Kebomas-Gresik, sekitar kurang lebih 2 km ke arah timur dari kompleks makam Sunan Giri. 


Sumber :

https://disparekrafbudpora.gresikkab.go.id/2020/07/29/situs-giri-kedaton/ 

https://gresspedia.id/salah-satu-wisata-religi-gresik-makam-raden-supeno-putra-sunan-giri-begini-riwayatnya/

https://www.aroengbinang.com/2018/04/situs-giri-kedaton-gresik.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Putri_Cempo_(Campa)

https://www.voetnoot.web.id/2023/02/paus-dari-jawa-sunan-giri-sosok-sentral.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts