Sunday, May 14, 2023

It’s not a Counterfeit

Akhirnya setelah menunggu hampir 2 tahun dapat juga buku The Dancing Leader: hening-mengalir-bertindak yang telah terbit sejak tahun 2011 yang ditulis 45 pakar dari berbagai bidang keilmuan dan pengalaman dalam buku setebal lebih dari 700 halaman.

Bab I dalam buku The Dancing Leader (TDL) adalah Tarian Kepemimpinan tentang betapa pentingnya leadership untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Beberapa penulisnya dalam bab ini adalah Rocky Gerung yang menekankan bahwa peradaban jauh lebih penting dari sekedar memenuhi kebutuhan material yang justru bisa membawa manusia ke wilayah terpuruk. 

Lalu berikutnya ada Hemawan Kartajaya mengingatkan kita bahwa dunia sudah berubah dan akan terus berubah. Hanya bangsa yang pandai mengolah perubahan yang akan mampu bertahan dan menang dalam menghadapi tantangan.  

Kemudian di dalam bab terakhir ini disisipkan epilog dari Siswono Yudo Husodo dan Joko Widodo, yang saat itu masih belum menjadi Presiden, yang menyarankan agar pemimpin harus belajar sabar dari masyarakat. 

The Dancing Leader tidak terdefinisi di dalam buku, namun menurut Jusuf Sutanto The Dancing Leader adalah orang yang bisa hidup sesuai dengan jalan alam, tidak akan merasa takut dan menyesal dalam hidupnya. 

Penantian 2 tahun tidak sia-sia. Meski sudah 12 tahun, namun beberapa isi buku masih cukup relevan dengan kondisi saat ini. Yang lain meski kurang relevan namun bukan berarti "cacat" yang jelas hal tersebut merupakan hasil pemikiran orisinil. Mirip dengan "Some red tabs are blank, only ® appears without the name Levi’s, why so?"

Ya, beberapa celana Levi's menampilkan logo kosong alias blank. Jika kita pernah membeli celana Levi's terkadang kita menerima celana dengan red tabs tab merah kosong, hanya ® yang muncul tanpa nama Levi's, mengapa demikian?

Satu dari 10 Tab merah di saku belakang celana jeans Levi's® memiliki tab merah kosong, hanya ® yang muncul tanpa nama Levi's. Ini bukan produk palsu atau cacat. Namun ini menjadi tanda keberuntungan untuk menerima sepasang jeans dengan tab merah ® yang langka.

Jadi, janganlah takut berbeda, jadilah yang orisinil.


Sumber :

https://www.antaranews.com/berita/288335/perilah-buku-the-dancing-leader-hening-mengalir-bertindak

https://huxleyi.wordpress.com/2012/02/14/bedah-buku-the-dancing-leader/

https://www.levi.com.hk/some-red-tabs-are-blank-only-appears-without-the-name-levis-why-so

No comments:

Post a Comment

Related Posts