Tuesday, May 30, 2023

Pohon Hayat

Awal bulan April 2023 lalu ada pengumuman tentang pemilihan atau voting untuk logo Nusantara sebagai IKN (Ibu Kota Negara). Setelah hampir 2 bulan yaitu pada akhir bulan Mei 2023 kemudian diumumkan logo IKN yang menjadi favorit pemilihan.

Presiden Jokowi meluncurkan logo IKN Nusantara terpilih yaitu Pohon Hayat setelah voting yang melibatkan lebih dari 500 ribu masyarakat Indonesia yang sebelumnya dishare di televisi, radio, iklan videotron, website, media massa, maupun media sosial.

Adalah Aulia Akbar sang desainer asal Bandung yang membuat desain dengan tema pohon hayat tersebut. Dia mendapat inspirasi logo tersebut dari kebudayaan Indoensia dari Sabang sampai Merauke sebagai penanda keberagaman Indonesia. Di atas keberagamaan kita bisa bersatu, seperti layaknya bendera Merah Putih.

Pohon hayat adalah pohon kehidupan sehingga diharapkan dengan logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya.

Logo Pohon Hayat memiliki filosofi agar kita mempunyai rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya. 

Aulia Akbar sebagai desainer grafis berdomisili di Bandung merupakan lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House. 


Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-6747328/jokowi-luncurkan-logo-ikn-nusantara-bertema-pohon-hayat.

https://news.detik.com/berita/d-6747685/cerita-aulia-akbar-soal-inspirasi-pohon-hayat-yang-kini-jadi-logo-ikn.

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/30/19050881/jokowi-ungkap-filosofi-pohon-hayat-yang-jadi-logo-resmi-ikn.

https://www.ngopibareng.id/read/presiden-jokowi-luncurkan-logo-ikn-pohon-hayat-ini-filosofinya

No comments:

Post a Comment

Related Posts