Saturday, January 23, 2021

Gowes Bareng ke Makam Putri Cempo

Mengawali tahun baru, aktivitas gowes bareng ICC kita kembali ke Gresik. Tepatnya pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 kita menuju ke gunung Semen Gresik. Kemudian dari sana kita lanjut ke Makam Puteri Cempo, yang merupakan wisata religi yang terletak di Gunungsari kelurahan Sidomoro, Kecamatan Kebomas, Gresik.



Arsitektur cungkup makam yang unik khas negeri Campa (Kamboja), yang berada di perbukitan dengan rerimbunan pohon. Di sekitar sana banyak café-café yang berderet di sepanjang jalan menuju lokasi puncak Cempo.

Lokasi makam Putri Campa ini berdekatan dengan kompleks pusara Sunan Giri, Gresik, Jawa Timur, yang disebut dengan Giri Kedaton, yaitu nama kerajaan Islam yang ada di Gresik. Sebagian menyebutkan Giri Kedaton merupakan pesantren yang didirikan oleh Sunan Giri. 

Konon, Putri Cempo adalah seorang putri dari negeri Campa (Vietnam) yang oleh sebagian orang dianggap sebagai istri Sunan Giri. Putri tersebut kagum dan terpesona dengan watak dan keluhuran budi pekerti Sunan Giri. Versi lain tentang cerita Putri Campa ini ialah ia hanya menaruh hati kepada Sunan Giri. Namun, Sunan Giri tidak menanggapinya hingga akhir hayat putri itu. 

Setelah mengikuti jejak Sunan Giri dalam memperjuangkan Islam di Pulau Jawa dan Gresik, Putri Campa yang oleh masyarakat Gresik dinamakan Putri Cempo. Ia pun meninggal dunia dan jenazahnya dimakamkan secara Islam di perbukitan yang teduh. 

Sewaktu kita kesana, tebing di kawasan Putri Cempo tersebut longsor hingga memutus jalan. Bahkan halaman makam pun ikut retak-retak. Salah satu akses jalan terputus, di gapura masuk makam Putri Cempo. 

Lanjut dari sana kita gowes menuju Makam Nyai Dewi Sekardadu, yang berada di Dusun Gunung Anyar, Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Gresik (sekitar 1 Km dari Kompleks makam Sunan Giri). 

Dewi Sekardadu adalah ibunda Sunan Giri dari hasil pernikahannya dengan Maulana Ishak. Dewi Sekardadu merupakan putri kesayangan Minak Sembuyu, seorang adipati Blambangan (Banyuwangi). 

Di sekitarnya ditumbuhi pepohonan rindang. Sehingga membuat suasana tampak teduh sekali. Sebagai fasilitas penunjang, pihak pengelola menyediakan mushollah, toilet dan bangunan joglo untuk beristirahat bagi para peziarah.


Sumber :

https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/12/23/makam-putri-cempo/

https://daerah.sindonews.com/read/185498/29/menelusuri-jejak-misteri-makam-putri-cempo-1601813446

https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/552a3afa6ea8349b4a552d53/kisah-putri-campa-dan-giri-kedaton-gresik

https://rri.co.id/surabaya/jawa-timur/929603/sempat-longsor-tebing-sejarah-makam-putri-cempo-gresik-belum-ditangani

https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/04/02/makam-dewi-sekardadu/

https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/555967f8739773c87618ce9a/dimana-makam-ibunda-sunan-giri

No comments:

Post a Comment

Related Posts