Thursday, January 7, 2021

Insinerator

Insinerator adalah tempat untuk pembakaran sampah. Insinerator yang baik memiliki fasilitas mitigasi polusi seperti pembersihan gas. 

Insinerasi atau pembakaran sampah ini mencakup teknologi pengolahan sampah yang melibatkan pembakaran bahan organik dengan temperatur tinggi atau dengan pengolahan termal, yang mampu mengubah sampah menjadi abu, dengan gas sisa hasil pembakaran yang dihasilkan harus dibersihkan dari polutan sebelum dilepas ke atmosfer. 

Dengan insinerator maka mampu mengurangi volume sampah hingga 95-96%, sehingga dengan insinerasi akan dapat mengurangi volume sampah yang dibuang dalam jumlah yang signifikan.

Salah satu design insinerator yang patut mendapatkan perhatian adalah yang dibuat oleh tim dari Eco Masjid.

Berangkat dari berdasarkan pengamatan di pedesaan dan pulau terpencil yang pada umumnya tidak tersedia pengangkutan sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dimana sampah harus dikelola sendiri dan dibakar di tempat sampah terbuka (open pit).

Hal ini tentunya dapat menimbulkan masalah, mulai dari tampak kotor, bau hingga banyak binatang seperti lalat.

Jika dibakar selain membutuhkan bahan bakar juga dapat menimbulkan asap pekat yang dapat mengganggu kesehatan.

Inovasi dari Eco Masjid adalah berupa Tungku Bakar Sampah (TBS) yaitu pengelolaan sampah yang melibatkan pembakaran sampah secara tertutup. Sampah dimasukkan ke dalam tungku bakar dari atas dan dibakar dari lubang bakar. 

Insinerator dari Eco Masjid ini dibuat dengan inovasi “pencuci asap” yaitu dengan prinsip menyemprot asap dengan air menggunakan mikro sprayer untuk menyaring partikel asap. Inspirasi teknik menghilangkan asap ini meniru fenomena yang terjadi di alam dimana ketika selesai hujan udara akan lebih segar dan asap hilang. 

Dengan desain sprayer air bertingkat maka dapat menyerap partikel asap.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Insinerasi

http://www.ecomasjid.id/fasilitas/tungku-bakar-sampah-tanpa-asap

https://youtu.be/GF-Y2EnwabU

No comments:

Post a Comment

Related Posts