Tuesday, November 28, 2023

Orang Bijak dalam Investasi

Dunia persilatan saham sedang berduka, Charlie Munger, sahabat sekaligus asisten dan konsultan pribadi dari Warren Buffett meninggal dunia.

Charlie Munger sering kali dijadikan rujukan kebanyakan orang dalam menentukan strategi portfolio investasi termasuk bagi para investor pemula Sebelum Mulai Investasi Saham wajib mendengarkan petuah bijak dari beliau.

Charlie Munger memiliki julukan "orang bijak dalam investasi" meninggal dunia dalam usia 99 tahun  dengan tenang pagi ini di rumah sakit California. Berkshire Hathaway mencapai kesuksesan salah satunya berkat inspirasi, kebijaksanaan, dan partisipasi beliau.

Pada awal tahun 2023, kekayaan Charlie Munger diperkirakan mencapai US$2,3 miliar. Jumlah yang cukup besar, meskipun kalah jika dibandingkan kekayaan Buffett yang diperkirakan mencapai lebih dari US$100 miliar.

Sebelumnya Buffett dan Munger mempunyai strategi investasi dengan mendukung perusahaan-perusahaan bermasalah dengan harga rendah dengan harapan mendapatkan keuntungan. Lalu perubahan besar yang dibawa Charlie ke komunitas investor saham, tidak hanya mencari apa yang murah tetapi mencari apa yang tidak disukai tetapi berkualitas tinggi.

Buffett dan Munger semasa mudah pernah bekerja di toko kelontong milik kakek Buffett. 

“Pelajaran terbesar dalam hidup ini adalah singkirkan mereka dari hidup Anda – dan lakukan dengan cepat,” kata Munger tentang orang-orang beracun.

Munger dikenal karena nasihatnya yang tidak tercela dalam hidup, yaitu bahwa kesuksesan dapat bergantung pada perusahaan yang Anda pertahankan. Menurutnya, orang-orang toxic (toxic people) atau beracun dapat menghambat jalan seseorang menuju kesuksesan.

Persahabatan Buffett dan Munger merupakan contoh utama dari hal ini. 

Munger menegaskan bahwa keracunan dapat menghambat kesuksesan seseorang, sikap ini juga dapat merugikan lingkungan kerja. Budaya kerja yang beracun adalah faktor paling signifikan yang dapat mendorong seorang karyawan untuk berhenti.

Gaji yang buruk dan ketidakamanan kerja juga dapat membuat karyawan menjauh, namun penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor ini tidak berpengaruh terhadap budaya kerja yang beracun. 


Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/market/20231129082746-17-492865/tangan-kanan-warren-buffett-charlie-munger-meninggal-dunia

https://market.bisnis.com/read/20231129/7/1719055/orang-kepercayaan-warren-buffett-charlie-munger-meninggal-dunia-di-usia-99-tahun.

https://aktual.kontan.co.id/news/charlie-munger-tutup-usia-pelajaran-terbaiknya-singkirkan-orang-toxic

No comments:

Post a Comment

Related Posts