Tuesday, November 14, 2023

Akhlak

Selain fighting spirit, hal pertama dan utama yang perlu kita wariskan kepada anak adalah akhlak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, akhlak adalah budi pekerti atau kelakuan. Sedangkan pengertian akhlak menurut istilah adalah kehendak jiwa manusia yang menimbulkan suatu perbuatan dengan mudah karena kebiasaan tanpa memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu.  

Sedangkan pengertian secara istilah, akhlak adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang melahirkan perbuatan-perbuatan yang mudah, tanpa melalui proses pemikiran, pertimbangan atau penelitian. 

Secara singkat, akhlak adalah tingkah laku yang dilakukan berulang kali.

Dikutip dari NU Online, Rasulullah SAW diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. Hal ini karena akhlak adalah pondasi penting seseorang yang beragama.

Akhlak Terpuji (Akhlakul Mahmudah) yaitu golongan akhlak yang seharusnya dimiliki oleh seorang muslim, yang meliputi sifat sabar, jujur, rendah hati, dermawan, sopan, gigih, rela berkorban, adil, bijaksana, lembut dan santun, tawakal, dan masih banyak lagi. 

Manfaat yang akan didapat oleh seseorang yang memiliki akhlak terpuji adalah beratnya timbangan kebaikannya di hari kiamat kelak. Bahkan dalam agama Islam, seorang umat yang memiliki akhlak mulia akan bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan sholat.

Tujuan akhir dari akhlak adalah memutuskan diri kita dari cinta kepada dunia, dan menanamkan dalam diri kita cinta kepada Allah SWT. Maka tidak ada sesuatu yang lebih dicintai selain berjumpa dengan Allah SWT dan tidak menggunakan semua hartanya kecuali karena dan untuk Allah SWT.


Sumber :

https://www.liputan6.com/hot/read/5111481/pengertian-akhlak-dalam-islam-pahami-pula-jenis-jenis-dan-contohnya

https://an-nur.ac.id/pengertian-akhlak-dan-macam-macamnya/

https://www.merdeka.com/trending/pengertian-akhlak-dalam-islam-manfaat-serta-macam-macamnya.html

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6782216/akhlak-definisi-jenis-manfaat-dan-tujuannya

No comments:

Post a Comment

Related Posts