Friday, November 10, 2023

Pachelbel's Canon Chord Progression

Setelah beberapa kali mendengar lagu "Canon in D Major", rasanya tidak asing seperti sudah mendengar lagu tersebut berulang kali sebelumnya. Lebih tepatnya beberapa lagu sebelumnya. Dan salah satu yang terngiang di kepala adalah lagu Maroon 5 - Memories yang sudah disaksikan sebanyak 981M views  sejak 4 tahun lalu. 


Dan bukan Maroon 5 - Memories ini saja.

Kemiripan lagu Maroon 5 - Memories dengan "Canon in D Major" diulas dengan detail dalam akun video youtube David Bennett Piano dengan judul 14 Songs That 'Rip Off' Classical Music.

Pada intinya kedua lagu tersebut terlihat mirip karena progresi chord yang digunakan pada lagu tersebut sama. Pada dasarnya chord adalah gabungan beberapa nada (3 sampai 5) yang dibunyikan bersama atau dipetik berurutan (apergio). 

Dan setidaknya ada 21 lagu yang seperti itu, seperti yang diluas oleh David Bennett kembali pada youtube David Bennett Piano yang berjudul 21 Songs that use Pachelbel's Canon chord progression.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa mempelajari dari Eka Gustiwana dari akun youtubenya yang berjudul KENAPA LAGU2 INI NADANYA GAK ASING? INI DIA RAHASIANYA, dimana dalam video tersebut, Eka Gustiwana menjelaskan bahwa progresi chord lagu Canon in D - Pachelbel yang digunakan pada lagu-lagu (baik dari dalam maupun luar negeri) yang menggunakan progresi chord yang sama dengan progresi chord Canon in D tersebut.






No comments:

Post a Comment

Related Posts