Wednesday, March 9, 2016

Strength

Your Strength can kill you .....

(ilustrasi)

Itu adalah judul dari artikel yang saya dapat di whatsapp group, sangat menginspirasi. Sayang dari kutipan dari whatsapp tersebut tidak tertera sedikit pun siapa yang menulis artikel tersebut, atau memang mungkin tujuannya adalah anonim atau tidak ingin disebutkan namanya. Tapi siapa pun nama yang membuat artikel tersebut, terima kasih atas sharingnya.

Menceritakan seseorang yang bernama Bintang yang mempunyai karier cemerlang di perusahaan minyak. Dimana perusahaan minyak ini mengikat pekerjanya dengan sistem kontrak sekitar 2 atau 3 tahun.

Sebelumnya dengan keahlian yang luar biasa Bintang selalu menanda-tangani kontrak baru dengan kenaikan gaji yang tentunya lumayan juga.

Namun akhir-akhir ini perusahaan oil dan gas sedang dilanda krisis. Sehingga Bintang tidak mendapatkan perpanjangan kontrak. Sehingga terpaksa Bintang kembali ke tanah air. Namun kondisi perusahaan oil dan gas mengalami hal serupa.Yaitu sedang fokus pada efiensi dan merumahkan karyawan.

Hal seperti ini tidak hanya berlaku pada individu, tapi juga dapat menjangkiti organisasi atau perusahaan. Contoh yang paling mutakhir adalah Kodak dan Nokia.

Kodak tidak mampu bertahan karena sebelumnya Kodak merupakan perusahaan yang sangat kuat dan terlalu percaya pada strength mereka yaitu terletak pada kemampuan mereka membuat foto tinta cetak foto yang bagus, padahal semakin kesini orang lama-lama tidak mencetak foto lagi.

Kemudian Nokia juga terlalu percaya diri akan kekuatan mereka pada strength di voice quality of the phone and user friendly of the menu. Padahal faktor kekinian orang tidak lagi menggunakan handphone untuk menelpon namun dan lebih suka browsing and messaging.

Dua perusahaan tadi mengalami penurunan yang menukik tajam. They lost their competitive advantage and business performance.

So it is difficult but it is not impossible. Berikut adalah tips yang diberikan dan dapat kita tiru.

1) Follow the global trend.
2) Identify what are the potential gaps.
3) Learn again.
4) Build your network.
5) Consider carefuly if you want to stay in this job our change your career.


Kemampuan membaca situasi dan mengambil keputusan yang tepat pada saat yang tepat dapat menyelamatkan karier dan hidup anda .

You never know, a new skills can save your career and your life in the future.
Sometimes, when you will need job, they can safe your life. 
So you better have a plan B.

Remember, your strength can kill you (or your career).