Monday, March 28, 2016

DC Comic v Marvel


Setelah menyaksikan film Batman v Superman: Dawn of Justice, bahwa film ini merupakan cikal bakal lahirnya Justice League dan kita bisa menebak bahwa berikutnya akan ada kelanjutan dari film Batman v Superman: Dawn of Justice. Justice League merupakan kumpulan superhero yang ada pada naungan DC Comic.

Maka ingatan kita akan terbang ke kisah kumpulan superhero yang ada di Marvel. Lalu apa perbedaan dari DC Comic dan Marvel? Berikut kita kupas DC Comic v Marvel.

DC Comic 
Major Malcolm pada tahun 1934 mendirikan National Allied Publications dengan karya pertamanya Fun Comic. Major Malcolm mengajak Harry dan Joseph, penulis komik stripyang pada tahun 1937 menerbitkan Detective Comic atau DC Comic.

Pada tahun 1960an, DC berhasil dengan Superman dan The Flash. Tahun 1969, DC Comic menjadi bagian dari Warner Bross Entertainment. Berikut adalah beberapa tokoh superhero buatan dari DC Comic yang terkenal.

Superman = Clark Kent
Batman = Bruce Wayne
Wonder Woman = Princess Diana of Themyscira
The Flash = Barry Allen


Marvel
Timely Publications didirikan pada tahun 1939 oleh Martin Goodman di New York. Komik pertama terbitan Timely Publications adalah Marvel Comics #1 pada bulan Oktober 1939. Komik Captain America yang pertama kali dirilis pada bulan Maret 1941.

Pada tahun 1951 Timely berubah nama menjadi Atlas Comic. Namun 10 kemudian berganti nama menjadi Marvel. Pada tahun 2009 The Walt Disney Company membeli Marvel Entertainment sebesar USD 4 miliar sehingga berhak atas lebih dari 5000 karakter komik Marvel, termasuk Spiderman, Iron Man, dan X-Men.

Berikut adalah tokoh superhero buatan Marvel yang terkenal

Iron Man = Tony Stark
Captain America = Steve Rogers
Spiderman = Peter Parker
The Incredible Hulk = Robert Bruce Banner
Thor Odinson = Chris Hemsworth


DC Comic v Marvel

Lokasi
Marvel lebih melakukan pendekatan terhadap nama kota atau lokasi yang memang ada dan eksis di bumi ini seperti New York City, Chicago, atau Washington DC. Sedangkan DC lebih melakukan pendekatan terhadap nama kota atau lokasi yang bersifat fiktif seperti Metropolis, Gotham, dan Atlantis.

Jaman
Kebanyakan karakter superhero utama DC diciptakan pada tahun 1930-an serta tahun 1940-an.
Sedangkan karakter Marvel banyak diciptakan pada tahun 1960-an dan 1970-an.


Batman vs Captain America
Batman muncul pertama kali pada tahun 1939 sedangkan Captain America pertama kali muncul pada tahun 1941. Batman dan Captain America adalah otak pertempuran dibalik Justice League (Batman) dan Avenger (Captain America). Mereka berdua adalah pemimpin yang membuat taktik saat pertempuran.

Superman vs Hulk
Superman diciptakan pertama kali sekitar tahun 1933 sedangkan hulk diciptakan pada tahun 1962. Kekuatan super kedua superhero ini hampir tidak terbatas dan tidak ada duanya, mereka juga memiliki musuh yang luar biasa kuat kalo Superman vs Doomsday kalo Hulk vs Abomination.

Cyborg vs Ironman 
Baik Ironman vs Cyborg sama-sama memiliki Armor yang keren, senjata yang luar biasa, Ironman dan Cyborg adalah hasil dari teknologi yang luar biasa. Kekuatan Cyborg antara lain laser, pemindai senjata tembus pandang sedangkan Ironman memiliki kekuatan laser, misil, energi listrik, hacker jaringan komputer.

Aquaman vs Submariner/Namor
Aquaman dan Submariner adalah Character yang lebih kuat jika ada air, Aquaman adalah raja lautan tetapi submariner hanyalah seorang mutant yang bisa jauh lebih kuat, cepat, bahkan lebih pintar jika di dalam air, submariner juga bisa bernafas di air karena kekuatan adaptasi mutantnya, sedangkan Aquaman dia bisa memanggil hewan-hewan yang ada di laut dia juga memiliki senjata yang berujung terbelah tiga, dia juga memiliki kekuatan pengendalian air

Wonder Woman vs Ms. Marvel
Wonder Woman pertama kali muncul pada tahun 1941 sedangkan Ms. Marvel (Kamala) pada akhir 2013 (gak lama). Wonder Woman adalah seorang ratu athena. Kekuatan Wonder Woman adalah kekuatan super, kecepatan, ahli bermain pedang dan tameng, dia juga memiliki senjata khas yaitu cambuk.

The Flash dan Quick Silver
Flash pertama kali diciptakan pada tahun 1940 dan Quicksilver pertama kali diciptakan pada tahun 1964. The Flash diperankan oleh beberapa tokoh, mulai dari Jay Garrick, Barry Allen, Wally West hingga Bart Allen. Sedangkan Quick Silver diperankan sebagai anak dari Magneto dan kembaran Scarlet Witch. Kedua superhero ini ditakdirkan memiliki kekuatan yang sama.

Mereka sama-sama bisa lari lebih cepat dari manusia biasa bahkan bisa berlari di dinding dan di atas air. Quicksilver adalah manusia tercepat di dunia Marvel namun Flash lebih unggul kecepatannya, dan Flash dengan kecepatannya dapat berpindah waktu dan dimensi

Green Arrow dan Hawyeke 
Hawyeke muncul pada tahun 1964) sedangkan Green Arrow pertama kali muncul pada tahun 1941. Kesamaan mereka ialah senjata andalan mereka. Green Arrow dan Hawyeke sama-sama menggunakan panah untuk membasmi kejahatan.


Sumber :
http://muviblast.com/marvel-vs-dc-universe-the-yin-yang-of-two-superhero-giant-brands/
http://paling-unik.com/entertainment/karakter-superhero-marvel-dan-dc-yang-mirip
http://kaskushootthreads.blogspot.co.id/2014/02/kalo-karakter-marvel-diadu-sama-dc-lo.html
http://www.kaskus.co.id/thread/51815396621243ac23000001/perbedaan-superhero-marvel-dan-superhero-dc/