Thursday, March 31, 2016

Tesla


Tesla Motors, Inc., adalah sebuah perusahaan otomotif yang mengembangkan mobil-sport elektrik dengan menggunakan tenaga baterai namun mampu mencapai kecepatan dan bertorsi tinggi. Harga Tesla mulai dari US$ 140.000 (Rp 1.7 miliar) hingga US$ 195.000 (Rp 2.4 miliar).

Tesla menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat pengisian secara cepat atau ‘Supercharger’ yang mampu mengisi tenaga baterai secara penuh dengan membutuhkan waktu hanya sekitar 40 menit.

Nama Tesla diambil sebagai penghargaan kepada Nikola Tesla, yaitu seorang insinyur dan fisikawan, yang menjadi penemu konsep motor induksi medan-magnetik. Nikolas Tesla adalah penemu generator arus bolak balik (A/C). Sedangkan pesaingnya yaitu Thomas Alfa Edison adalah penemu generator arus searah (D/C).

Nikola Tesla adalah bapak listrik modern dan penemu radio sehingga Tesla menjadi ilmuwan paling terkenal dari abad ke-20. Banyak ilmuwan yang menganggap Tesla sebagai figur inspiratif dan penemu besar.

Nikola Tesla adalah seorang yang jenius, hal ini terlihat pada kemampuan Tesla yang menguasai 8 bahasa: Serbia, Inggris,Ceko,Jerman, Prancis, Hungaria, Itali dan Latin. Tesla merupakan seorang yang eksentrik. Ia percaya bahwa hidup selibat dapat merangsang kerja otak, serta bahwa ia telah berkomunikasi dengan mahluk dari planet lain dan jatuh cinta pada seekor merpati.

Eksentrisitas Tesla, selain berbagai kontribusinya pada ilmu pengetahuan dan teknik, bisa dibilang menjadi pendorong utama untuk ketenarannya di seluruh dunia pada awal abad ke-20. Berkat penemuan Tesla yaitu motor AC sehingga membantu gelombang Revolusi Industri Kedua di tahun 1900-an dan 1910-an.

Dia menciptakan berbagai sistem untuk transmisi nirkabel sinyal dan daya yang menjadi dasar bagi radio. Tesla juga mempelopori penciptaan kumparan tesla, lampu busur, turbin tanpa bilah, tabung sinar-x, busi, dan lampu neon. Satuan unit magnetisme dinamakan sebagai tesla untuk menghormati sumbangannya pada sains dan teknologi dunia.

Tesla menemukan teknologi radio dan transfer energi nirkabel, sehingga mirip pesulap, Tesla suka mempertunjukkan penemuannya secara demonstratif. Ilmuwan yang sempat menjadi asisten Edison itu gemar menjadikan tubuhnya sebagai konduktor, atau juga mematikan saklar listrik berukuran besar di bawah guyuran hujan percikan api. 

Penemuan Nikola Tesla yaitu motor induksi yang bekerja dengan arus bolak balik (A/C) merupakan batu lompatan dalam sistem listrik modern.

Nikola Tesla lahir pada tanggal 9 Juli 1856 di Smiljan, Kerajaan Austro-Hungarian dan kini berubah menjadi Yugoslavia (sekarang Kroasia). Nikola Tesla kecil menyukai matematika, mekanika, dan fisika, dimana ketertarikannya dengan mengefisienkan motor listrik arus searah (DC).
Tahun 1879, Thomas A. Edison mempublikasikan temuannya berupa bola lampu pijar di depan umum.
Tahun 1884 Tesla hijrah ke New York dan bekerja dengan Thomas Alfa Edison.
Tahun 1887, Edison menemukan sistem arus searah dimana listrik mengalir dalam satu arah yang konstan. Kelemahan sistem arus searah adalah karena listrik hanya mengalir satu arah, arus listrik yang mengalir menyebabkan kawat tembaga yang dialiri listrik meleleh sehingga transmisi arus searah jarak jauh menjadi berbahaya dan hampir mustahil.
Tahun 1887, Tesla mendirikan laboratorium sendiri dan dalam waktu singkat ia membuktikan bahwa sistem arus AC jauh lebih hebat dibandingkan dengan sistem DC yang dikembangkan oleh Thomas Alfa Edison.
Tahun 1895, Tesla bekerja sama dengan George Westinghouse membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia yang memanfaatkan air terjun Niagara.
Tahun 1898, Tesla mendemonstrasikan temuannya berupa perahu yang dikendalikan dengan radio kontrol dari jarak jauh, dihadapan masyarakat di Madison Square Garden.
Tahun 1930, Tesla menemukan senjata penembak partikel ('Death Ray' atau 'Peace Ray').
Tahun 1909-1922, Tesla fokus pada teknik mesin dan menciptakan jenis baru dari turbin, pompa, indikator kecepatan, aliran-meter.
Tesla meninggal pada tanggal 7 Januari 1943.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Tesla_Motors
http://www.liputan6.com/tag/tesla-model-s
https://www.semisena.com/3902/mobil-listrik-tesla-segera-mendarat-di-indonesia.html
http://mr-elman.blogspot.co.id/2013/04/perang-arus-listrik-antara-alfa-edison.html
http://www.bloggerkilat.com/mengapa-nikola-tesla-adalah-seorang-penemu-terhebat-yang-pernah-ada/
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2012/09/120912_nikolatesla.shtml
http://www.amazine.co/28369/siapakah-nikola-tesla-kisah-ilmuwan-listrik-eksentrik/
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/191320-mengungkap-penemuan-terbesar-nikola-tesla