Wednesday, March 16, 2016

Kungfu Boy

Bagi orang yang lahir dan hidup di era tahun 1990-an, pasti akan bahagia jika melihat dan mendengar segala sesuatu yang berbau 90-an. Serasa nostalgia yang dapat membuat orang menjadi nostalgila. Sehingga apapun bahkan mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi mengenang kembali dunia 90-an.

Tak terkecuali aku, saat membuka akun IG (instagram) dari @generasi90an, tiba-tiba bayangan kembali saat duduk di bangku SD.

Mengenai akun @generasi90an sendiri ada kisah yang menarik untuk disimak. Adalah Marchella Febritrisia sang pencetus akun @Generasi90an. Mulanya akun @Generasi90an dibuat hanya untuk keperluan skripsi, ternyata berlanjut jadi buku dan merchandise yang laris diminati publik. Chella membuat akun @Generasi90an dalam rangka riset untuk kuliahnya di jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Bina Nusantara.

Marchella Febritrisia, kelahiran 16 Februari 1990 yang mulai mencetuskan akun Twitter @Generasi90an, tahun 2013 lalu. Kicauan bermunculan terutama bagi mereka yang berusia 20-35 tahun. 

Chella terinspirasi dengan kutipan salah satu tokoh favoritnya, Buya Hamka, “Manusia ketika pergi meninggalkan dunia, yang dapat dijadikan kenangan adalah buku”.

Chella pun menerbitkan buku dengan koceknya sendiri sebanyak 100 buku Generasi 90an, dalam waktu sekejap, buku tersebut terjual habis. Lalu Chella menerima sebuah telepon dari Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), yang menawarkan Chella untuk menerbitkan kembali buku Generasi 90an. KPG menerima buku Generasi 90an, terbitan kedua muncul sejumlah 500 buku, dan langsung habis terjual.



Salah satu foto yang terpajang adalah foto dari komik Kungfu Boy. Ingatan kembali saat menunggu edisi terbaru dari komik favorit Kungfu Boy. Terutama komik klasik yang bernomor seri 1 hingga 37. Wah, seru juga jadi pengen baca lagi.

Kungfu Boy atau Tekken Chinmi adalah judul sebuah komik atau manga yang dikarang oleh Takeshi Maekawa. Komik Kungfu Boy bercerita tentang petualangan Chinmi dalam menuntut ilmu kungfu. Chinmi berguru di Kuil Dairin.

Komik Kungfu Boy terdiri dari
  1. Kungfu Boy Klasik : 1-37
  2. New Kungfu Boy : 1-20
  3. Chinmy Legend : 1-37
  4. Chinmy Gaiden Story
  5. Chinmy Short Story

Karena penasaran akhirnya aku coba cari di google. Referensi ditujukan ke tokopedia dan bukalapak. Banyak sekali sebenarnya toko di tokopedia dan lapak di bukapalak yang menjual komik Kungfu Boy. Namun kebanyakan menjual secara cabutan, sehingga banyak yang tidak lengkap dari seri 1 hingga seri 37.


Dan akhirnya ketemu juga lapak di bukalapak yang menjual komplit komik Kungfu Boy dari edisi 1 hingga 37. Cuma 1 seri aja yang bolong yaitu nomor 22. Dan di malam yang sama akhirnya aku lakukan transaksi untuk beli komik Kungfu Boy.

(bersambung)



Sumber :
http://hitsss.com/marchella-febritrisia-cetuskan-generasi90an-dari-nostalgia-membawa-berkah/
http://yusufzainal.blogspot.co.id/2011/06/10-lawan-terberat-chinmy.html
http://thesourcewall-animanga.blogspot.co.id/2011/12/kungfu-boy.html