Tuesday, December 26, 2017

Satoshi Nakamoto

Bitcoin merupakan sistem pembayaran digital dan uang elektronik yang bersifat memiliki jaringan pembayaran peer-to-peer  yang terdesentralisasi (P2P). Disebutkan bahwa penemu Bitcoin adalah Satoshi Nakamoto yang konon merupakan orang Jepang, lahir pada tanggal 5 April 1975. Selain sebagai pemrakarsa bitcoin, Satoshi Nakamoto juga menerapkan blockchain yang pertama dan memulai pelepasan dan penyebaran mata uang digital untuk pertama kalinya.


Namun ada teori lain bahwa namanya mungkin baru saja dipilih secara acak.

Satoshi Nakamoto telah melakukan serangkaian percobaan dengan perangkat lunak Bitcoin sebelum memperkenalkannya kepada publik pada bulan Januari 2009. Tepatnya tanggal 3 Januari

Tanggal 9 Januari 2009, Nakamoto telah merilis perangkat lunak Bitcoin versi 0.1 yang diperbarui di Sourceforge.

Dua tahun kemudian Satoshi Nakamoto menyerahkan posisi terdepannya kepada Gavin Andresen.

Bulan Desember 2010, Satoshi Nakamoto menghentikan semua keterlibatannya dalam proyek Bitcoin. Tepatnya pada tanggal 12 Desember 2010, sekitar 7 hari setelah menyampaikan perdebatannya dengan Wikileaks.

Tanggal 23 April 2011 Satoshi Nakamoto muncul sekali lagi saat dia mengirim email kepada seorang pengembang perangkat lunak, Mike Hearn (sumber : Cointelegraph.com). Pada April 2011 itu pula, setelah mengirim pesan tersebut, Nakamoto mengilang dan tiada kabar lagi. Sampai-sampai para penggiat Bitcoin pun menghubunginya namun tidak ada hasil yang diperoleh.

Pada bulan April 2013, Jonas Schnelli menjadi pengembang Bitcoin Core lainnya.

Hingga tahun 2014 selain Gavin Andresen, ada tiga pengembang Bitcoin Core yang paling terkenal, yaitu: Wladimir J. van der Laan, Jonas Schnelli, dan Marco Falke.

Pada tanggal 8 April 2014, dia telah menyerahkan tugasnya kepada Wladimir J. van der Laan.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Satoshi_Nakamoto
https://blog.bitcoin.co.id/siapakah-pencipta-bitcoin-benarkah-satoshi-nakamoto/
https://bixbux.com/sejarah-bitcoin-dan-siapakah-satoshi-nakamoto/
https://www.inforexnews.com/berita/cryptocurrency/satoshi-nakamoto-menjual-semua-bitcoin