Wednesday, December 13, 2017

The Last Jedi

Star Wars 8 : The Last Jedi


Film Star Wars : The Last Jedi ini merupakan film Star Wars ke 8 yang merupakan kelanjutan dari film Star Wars ke 7 yaitu Star Wars : The Force Awakens yang dirilis pada 18 Desember 2015. Meskipun ditahun 2016 ada film Star Wars juga, yang berjudul Rogue One : A Star Wars Story, namun film tersebut tidak berhubungan dengan Star Wars : The Last Jedi ini.

Untuk film Rogue One : A Star Wars Story ini aku sebut dengan film Star Wars 3.5, karena mempunyai setting waktu setelah film Star Wars 3 dan sebelum film Star Wars 4.

Rey akhirnya berhasil menemukan ksatria legendaris Jedi, Luke Skywalker di sebuah pulau dengan aura magis.

Dalam satu segmen, muncul kehadiran salah satu master Jedi, yakni Master Yoda. Master Yoda merupakan mahaguru Jedi yang mati pada 'Star Wars Episode VI: Return of the Jedi' (1983) setelah hidup selama lebih dari 900 tahun.

Namun mayat master Yoda memang tidak dikubur, tapi menghilang dan menjadi satu dengan Force.

Master Yoda juga muncul pada film 'Star Wars: The Empire Strikes Back' (1980), 'Star Wars Episode I: The Phantom Menace' (1999), 'Star Wars Episode II: Attack of the Clones' (2002), dan 'Star Wars Episode III: Revenge of the Sith' (2005).

Saat menjelang ajal master Yoda meninggalkan sebuah pesan terselubung di 'Episode VI: Return of the Jedi'. "Luke, when gone am I... the last of the Jedi will you be,".

Merujuk pada kalimat terakhir Yoda tersebut, mempunyai 2 arti, yaitu pertama dimana bahwa Luke Skywalker menjadi legenda sebagai Jedi terakhir di dunia. Sedangkan arti kedua adalah Rey disebut sebagai penerus Skywalker sekaligus Jedi terakhir.

Oleh karena itu Luke Skywalker memutuskan untuk melatih Rey untuk menjadi seorang Jedi. Pelatihan tersebut dilangsungkan di kuil jedi pertama yaitu di di planet Ahch-To. Di kuil tersebut terdapat buku dan naskah kuno jedi untuk mengetahui misteri kuno The Force. Inti dari pelatihan tersebut adalah Dark Side dan Light Side hidup berdampingan dalam The Force. Untuk menuju planet tersebut harus ditempuh dengan melakukan perjalanan antar galaksi.

Yang menarik adalah Kylo Ren yang sering diolok dan diejek oleh Supreme Leader Snoke karena merupakan Darth Vader terlemah yang ada, pada akhirnya membunuh Supreme Leader Snoke dengan menggunakan light saber sehingga kemudian menjadi Supreme Leader.

Berduet dengan Jenderal Hux, Kylo Ren atau Ben Solo menyerbu Pasukan Pemberontak dan menyerang Jenderal Leia Organa yang notabene adalah ibu dari Kylo Ren. Seperti di film sebelumnya dimana Kylo Ren berhasil membunuh Han Solo, ayahnya sendiri.

Saat menyerbu tersebut Kylo Ren juga sempat bertempur satu lawan satu dengan Luke Skywalker. Namun yang dilawan ternyata bukan fisik aslinya, namun hanya bayangannya saja. Namun demikian Luke Skywalker tetap mati setelah kejadian tersebut.


Sumber :
http://starwars.wikia.com/wiki/Star_Wars:_Episode_VIII_The_Last_Jedi
https://id.wikipedia.org/wiki/Star_Wars:_The_Last_Jedi
http://www.greenscene.co.id/2017/07/16/sinopsis-resmi-star-wars-the-last-jedi-akan-menguak-misteri-kuno-the-force/
https://kumparan.com/@kumparanhits/star-wars-the-last-jedi-spekulasi-kehadiran-yoda-dan-jedi-terakhir