Tuesday, October 22, 2019

Gagap

Nabi Musa menjawab: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku. Mudahkanlah urusanku. Lepaskanlah kekakuan lidahku supaya mereka memahamiku. Jadikanlah seorang dari keluargaku sebagai pembantuku. Dialah Harun saudaraku". (QS 20:26-29)
“Ya Tuhanku, lapangkan lah untukku dadaku, mudahkan untukku urusanku, dan lepaskan lah ikatan dari lidahku, hingga ia paham perkataanku” (QS Thaha ayat 25-28)
“Dan saudaraku Harun, dia lebih fasih lidahnya dari padaku. Maka utuslah dia bersamaku untuk membenarkan perkataanku….(Al Qashash: 34)
Dan Fir’aun pun mengejek ucapan Nabi Musa tidak jelas tersebut:
“Bukankah aku lebih baik dari orang yang hina ini (Musa) yang hampir tidak dapat menjelaskan perkataannya” (Az Zukhruf: 52)
Dari ayat kitab suci diatas menyiratkan bahwa Nabi Musa ada kekakuan pada lidahnya. Beberapa mengartikan bahwa Nabi Musa adalah seorang penderita gagap. Atau cadel.

Nama ada pula yang berpendapat bahwa Nabi Musa bicara tidak jelas karena bahasa beliau sudah tercampur dengan bahasa asing. Hal ini dikarenakan dari kecil hingga meninggalkan negeri Mesir menuju tanah Madyan, Nabi Musa bicara dengan 2 bahasa yaitu bahasa Ibrani (bahasa bangsa Yahudi) dan bahasa Qibti (bahasa bangsa Mesir).

Saat Nabi Musa tinggal bertahun-tahun di negeri Madyan, Nabi Musa bicara dengan bahasa bangsa Madyan, yaitu bahasa Arab. Dan saat bicara dengan Fir’aun menggunakan bahasa Qibti namun tercampur baur dengan bahasa Qibti dan Ibrani yang sudah lama ia tinggalkan.


Tapi bukan perbedaan itu yang kita bahas.

Namun melaikan kesulitan bicara yang kita bahas yaitu gagap. Gagap adalah gangguan saraf yang berdampak serius dengan dengan pengulangan-pengulangan secara tidak sengaja, pada bagian tertentu dari kalimat yang diucapkannya. Kadang hal ini juga disebut disfluensi berbahasa. Kelainan ini terjadi pada saraf yang mengendalikannya.

Terdapat situasi pada saraf yang membuat seseorang gagap, sehingga memproses bahasa dengan cara yang tidak biasa. Yaitu anak memproses bahasa di daerah otak, menyebabkan kesalahan atau keterlambatan dalam pengiriman pesan dari otak ke otot-otot mulut saat ia butuh berbicara. Sehingga anak tersebut mulai untuk berbicara meski otak belum memberikan sinyal untuk kata-kata tersebut. Hasilnya, anak bicara tersendat dan gagap.

Berdasarkan penyebabnya, gagap terbagi menjadi 3 tipe, yakni:
  1. Pertumbuhan. Umumnya terjadi pada anak-anak usia di bawah 5 tahun, yang muncul karena keterbatasan dalam menyampaikan suatu maksud melalui bahasa atau perkataan.
  2. Neurogenik. Gagap yang disebabkah oleh gangguan pada otak, saraf, dan otot yang terlibat dalam kemampuan berbicara. 
  3. Psikogenik. Gagap yang disebabkan oleh adanya trauma atau masalah dalam pemikiran atau penalaran.

Gagap ini tidak berhubungan dengan tingkat kecerdasan.


Beberapa tokoh dunia yang dikenal penderita gagap adalah :
  1. Rowan Atkinson, dikenal sebagai pemeran Mr. Bean ini sering kesulitan untuk mengucap kata dengan awalan huruf “B”.
  2. Bruce Willis, aktor yang terkenal lewat film Die Hard ini, merupakan penderita gagap sejak kecil, sehingga hal itu membuatnya sering di-bully saat masa kanak-kanak.
  3. Tiger Woods, legenda golf ini merupakan penderita gagap, untuk berusaha menyembuhkan penyakit gagapnya Woods pun berlatih bahkan berbicara dengan anjingnya sendiri.
  4. Julia Roberts, aktris pemenang Oscar dan mantan model kawakan ini menderita gagap saat kecil, sehingga sempat membuat Julia Roberts tak percaya diri ketika harus berbicara di depan publik.
  5. Samuel L. Jackson, aktor sekaligus produser ini menderita gagap saat masih duduk di bangku sekolah dan sering di-bully karena sering bicara gagap.
  6. Chris Martin, vokalis Coldplay.
  7. Kylie Minogue, penyanyi.
  8. Emily Blunt, aktris Inggris.
  9. Hugh Grant, aktor film.
  10. James Earl Jones, pengisi suara Darth Vader.
  11. Pangeran Albert II, keluarga bangsawan.
  12. Carly Simon, peraih piala Oscar.
  13. Joe Biden, Wapres AS.
  14. James Stewart, legenda film Amerika.
  15. Theodore Roosevelt, presiden Amerika.
  16. Elvis Presley, "Raja Rock and Roll".
  17. Marilyn Monroe, aktris.
  18. Raja George VI.

Gejala gagap seperti berat mulut, berat lidah dan kekakuan lidah. Gagap bisa hilang dengan sendirinya saat berada dalam kondisi-kondisi tertentu.

Contohnya Rowan Atkinson, pemeran Mr Bean juga mengalaminya saat masih kecil, karena sulit mengucapkan huruf B. Namun Rowan Atkinson tiba-tiba bisa sembuh ketika harus memerankan tokoh yang serius.

Penderita gagap lainnya juga bisa mendadak hilang ketika seseorang sedang menyanyi atau berbisik-bisik. Gagap bisa ditangani dengan sukses melalui terapi wicara oleh seorang patolog bicara dan bahasa (SLP) atau seorang terapis (SLT).

Sebagai bentuk kepedualian, pada tanggal 22 Oktober diperingati Hari Kepedulian Terhadap Penderita Gagap.


Sumber :
https://www.alodokter.com/gagap
https://www.halodoc.com/inilah-5-penyebab-gagap
https://www.rumahzakat.org/en/benarkah-nabi-musa-berlisan-cadel/
https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/penyebab-anak-gagap-dan-cara-mengatasi/
https://lifepal.co.id/media/5-selebriti-orang-sukses-walaupun-gagap/
https://www.msn.com/id-id/berita/other/orang-orang-terkenal-yang-ternyata-gagap-wicara/ss-BBamSz3#image=1
https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1496595/gangguan-gagap-bicara-sudah-ada-sejak-zaman-nabi-musa

No comments:

Post a Comment

Related Posts