Wednesday, October 2, 2019

Joker

I used to think that my life was a tragedy, but now I realize, it's a comedy.


Setelah lepas dari kehebohan dari dunia semesta Marvell, sekarang beranjak ke dunia semesta DC Comics ini merupakan produksi lepasan dari seri Batman.

Konon Angkatan Darat AS dan Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD) akan berjaga-jaga saat pemutaran perdana film Joker. Hal ini berkaca pada peristiwa penembakan massal yang terjadi di penayangan film Batman, The Dark Knight Rises, pada 2012 silam di Colorado. Saat itu, 12 orang tewas akibat peluru panas yang dilepaskan secara membabi-buta oleh seorang pria dari depan layar bioskop.

Sejatinya film Joker telah tayang perdana tanggal 31 Agustus 2019 lalu di Venice Film festival, dimana mendapatkan sambutan hangat dari para penonton dan kritikus film, seperti mendapatkan standing ovation selama 8 menit dan ragam pujian dari kritikus film.

Joker menjadi film dengan kisah asli dan mandiri dari Arthur Fleck, seorang pria yang diabaikan oleh masyarakat, sehingga memiliki karakter yang berpasir, yang sebenarnya adalah karakter luar biasa yang berurusan dengan perjuangan hidup.


Kisah film Joker berkisah pada tahun 1981 di kota fiktif bernama Gotham. Seorang pria bernama Arthur Fleck tinggal bersama sang ibu yang sudah tua, sekaligus merawatnya. Sang ibu dulunya bekerja menjadi pembantu rumah tangga keluarga Wayne selama 12 tahun.

Namun saat Arthur menghubungi Wayne, ia tak mendapat tanggapan dari Thomas Wayne. Meski telah berusaha untuk menghubungi Wayne selama beberapa waktu.

Gotham sedang terjadi pemogokan sampah. Selain itu Gotham juga tengah terjadi sejumlah besar kejahatan. Disaat yang sama Thomas Wayne memutuskan mencalonkan diri sebagai walikota. Thomas Wayne sang calon walikota menjadi simbol orang kaya yang dilawan oleh rakyat kecil.

Arthur tengah berjuang dengan kesehatan mentalnya. Dirinya cenderung meledak tertawa aneh pada saat gugup. Ditambah lagi dia baru kehilangan pekerjaan. Arthur gagal menjadi seorang komedian.

Kegagalannya menjadikan Arthur menjadi depresi dan gila. Sehingga kemudian mengubah Arthur menjadi seorang kriminal yang ditakuti di Gotham. Dengan memakai make up dan rambut hijau ia berubah menjadi Joker.

Dan titik balik kesemuanya itu adalah saat Arthur alias Joker diolok-olok oleh Murray Franklin, presenter favoritnya dan ibunya, dalam acara Murray Franklin's late night show. Arthur pun mengubah identitas dirinya dengan menjadi Joker, menampilkan pribadi baru yang jahat.



Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20191001111403-220-435620/sinopsis-joker-kisah-pilu-di-balik-kebengisan-musuh-batman
https://entertainment.kompas.com/read/2019/08/15/085300910/tayang-oktober-2019-film-joker-rilis-sinopsis-terbaru.
https://jateng.tribunnews.com/2019/10/01/sinopsis-joker-kisah-kelam-komedian-gagal-arthur-fleck-tayang-perdana-di-bioskop-2-oktober-2019?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts