Thursday, October 17, 2019

Beda Nol dan Kosong

Kosong (..) cenderung digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan, sedangkan nol (0) bersifat bilangan. Dalam ilmu Matematika kosong dan nol didefinisikan sebagai hal yang berbeda.


Kosong dalam Matematika merupakan himpunan tanpa anggota, yang maknanya kurang lebih sama dengan null atau nihil. Sementara itu, nol adalah angka yang berada di antara 1 dan -1. Hal ini akan jelas terlihat pada posisi nol (angka 0) di garis bilangan.

Lebih jelas lagi jika kita membahas konsep himpunan kosong.

Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota yang bersimbol {} atau Ø. Sedangkan Himpunan nol jika dituliskan dalam simbol himpunan adalah {0}. Himpunan ini mempunyai satu anggota, yaitu 0.

Contoh A adalah himpunan nama hari dalam seminggu yang berawalan huruf B. Maka tidak akan kita temui nama hari dalam seminggu yang berawalan huruf B. Maka A disebut himpunan kosong.

Contoh lain misalnya adalah dalam suatu kelas sedang ulangan matematika. X tidak mengikuti ulangan maka nilai X pada daftar nilai kosong. Artinya tidak ada nilainya. Y mengikuti ulangan dengan soal pilihan ganda dari sepuluh soal ternyata tidak satupun dijawab benar. Maka nilai Y nol.

Kesimpulannya adalah Nol (0) adalah sebuah bilangan yang mempunyai nilai yaitu nol. Sedangkan Kosong { } adalah tidak ada dan bukan merupakan bilangan.


Sumber :
https://mojok.co/apk/komen/versus/bedanya-nol-dan-kosong/
https://jatengpos.co.id/nol-dan-kosong-samakah/

No comments:

Post a Comment

Related Posts