Tuesday, August 3, 2021

Vaksinasi (Lagi)

Hari ini aku men-download dan meng-instal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi PeduliLindungi ini nantinya akan berfungsi untuk tracking dan tracing guna menurunkan penyebaran Covid-19, yaitu dengan cara masyarakat akan berpartisipasi untuk melaporkan lokasi dan riwayat perjalanannya.

Hal ini sebagai upaya untuk penguatan 3T (Test, Tracing, dan Treatment), yang jika tracking dan tracing dilakukan melalui aplikasi teknologi maka akan mempermudah masyarakat untuk melakukan pelaporan, sehingga kita akan dapat merasa aman. 

Alhamdulillah, setelah vaksinasi tahap 1 awal bulan Juli lalu, hari ini aku sudah menuntaskan vaksinasi tahap 2 di bulan Agustus ini. Penyuntikan vaksin dosis kedua untuk menghasilkan kekebalan optimal yang dibangun oleh tubuh kita sehingga imunitas kita makin kuat melawan Covid-19. Atau dalam kata lain, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau menguatkan fungsi vaksin.

Sedangkan untuk dosis pertama vaksin berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus atau virus tak aktif ke tubuh, vaksin akan bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan atau antibodi baru. 

Dengan terbentuk sistem kekebalan tersebut, jika seseorang terinfeksi virus Covid-19 maka hanya akan memiliki gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.

Kembali pada aplikasi PeduliLindungi, setelah vaksinasi ke-2 ini nanti kita bisa mendapatkan sertifikat yang menandakan dan membuktikan bahwa kita telah menunaikan vaksinasi tahap 1 maupun tahap 2. Selain dari aplikasi, kita juga bisa download sertifikat vaksin Covid-19 itu dari situs atau website PeduliLindungi.id


Sumber :

https://www.jpnn.com/news/aplikasi-pedulilindungi-menjadi-andalan-kemenkes-tangani-covid-19-begini-fungsinya

https://nasional.kompas.com/read/2021/02/01/18290471/satgas-vaksinasi-covid-19-dosis-kedua-wajib-untuk-kekebalan-optimal

https://www.halodoc.com/artikel/harus-tahu-ini-pentingnya-penyuntikan-vaksin-covid-19-tahap-2

https://newssetup.kontan.co.id/news/cetak-sertifikat-vaksin-covid-19-seperti-ktp-dari-rumah-login-di-pedulilindungiid?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts