Monday, August 2, 2021

Adab

Terutama untuk pengetahuan bagi anak, ada 4 bagian tubuh yang harus betul-betul dijaga dan dirawat, tidak boleh disentuh atau disakiti orang lain. Yaitu mulut, dada, alat kelamin, dan pantat. 4 bagian tersebut hanya boleh dipegang oleh orang tua, itu pun ketika orang tua sedang membantu membersihkan badan saat lagi mandi, itu pun waku masih balita.

Karena tubuh merupakan ruang kita sendiri dan kita harus bisa mengatakan TIDAK jika disentuh oleh orang lain kapan saja.

Sebagian dari anggota tersebut adalah aurat manusia. Bagi laki-laki, batasan aurat dimulai dari pusar sampai lutut yg wajib ditutup.

Aurat adalah bagian anggota badan yang tidak boleh ditampakkan atau terlihat oleh orang yang bukan muhrimnya.  Jadi bukan hanya disentuh orang lain, tapi juga tidak boleh ditampakkan.

Dengan mentaati segala perintah Allah seorang muslim dapat meningkatkan ketakwaannya, dengan menutup aurat seorang muslim dapat selalu menjaga hati dan termotivasi untuk senantiasa meningkatkan imannya.

Berkaitan dengan aurat tersebut, juga terdapat adab atau sopan santun masuk ke kamar orang tua, yang harus ijin dulu sebelum masuk terutama di waktu-waktu tertentu, sesuai dengan yang dituliskan dalam Alquran di Surah Annur ayat 58:

"Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya'. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana"

Ringkasnya adalah sebelum shalat Subuh, sebelum waktu Zuhur dan selepas Isya.


Sumber :

https://era.id/lounge/26284/mengenalkan-sedari-dini-bagian-tubuh-yang-tak-boleh-disentuh-orang

https://www.halodoc.com/artikel/edukasi-anggota-tubuh-pada-anak-agar-terhindar-pedofilia

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-aurat/

https://today.salamweb.com/id/adab-jangan-masuk-kamar-orang-tua-tanpa-izin/

https://www.dream.co.id/news/jangan-lupa-ajarkan-anak-minta-izin-masuk-kamar-orangtua-180126x.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts